Kegiatan Pencak Silat sebagai Sarana Pengembangan Nilai Religius Anak Usia Dini

Pencak Silat Activities as a Means of Development Religious Values of Early Childhood

Authors

  • Cahniyo Wijaya Kuswanto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Agus Jatmiko Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Indah Riyani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Dona Dinda Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3566

Abstract

This research discusses the relationship between pencak silat activities and religious values in early childhood as the initial stage of introduction. The formulation of the problem in this study is whether there is a relationship between pencak silat activities and the religious values of early childhood in South Lampung. The purpose of this study was to determine the relationship between pencak silat activities and the religious values of early childhood in South Lampung. This research uses quantitative correlation research methods with questionnaires and documentation as data collection tools. This study is a population study with a total of 25 children respondents who filled out the questionnaire instrument filled by the parents of the child who participated in pencak silat. The data collection technique used is a questionnaire. The validation test uses correlation data results which show a valid value> 0, 632. Reliability test with Alpa Cronbach (a) technique with SPSS version 29 tool that is> 0.70.  The results of the study say that the results of the product moment correlation calculation show that there is a positive relationship between pencak silat activities and the religious value of early childhood. Proven by the calculation of the product moment correlation rhittung> rtable with a value of 0.483> 0.396. These results conclude that this study shows a positive relationship between pencak silat and the religious values of early childhood that support physical development and religious values. The Role of Dopamine Stimulation Through Zakat Practices in Behavior Modification and Mental Health Improvement

 

ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai seberapa besar hubungan antara kegiatan pencak silat dengan nilai religius pada anak usia dini sebagai tahap awal pengenalan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan kegiatan pencak silat dengan nilai religius anak usia dini di Lampung Selatan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kegiatan pencak silat dengan nilai religius anak usia dini di Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kuantitatif korelasi dengan angket dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden 25 anak yang pengisian instrumen angket diisi oleh orang tua dari anak tersebut yang mengikuti pencak silat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Uji validasi menggunakan correlation hasil data yang menunjukan nilai valid > 0, 632. Uji reliabilitas dengan teknik Alpa cronbach (a) dengan alat bantu SPSS versi 29 yaitu > 0,70.  Hasil dari penelitian mengatakan bahwa hasil perhitungan korelasi product moment menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara kegiatan pencak silat dengan nilai religius anak usia dini. Dibuktikan dengan perhitungan korelasi product moment rhittung > rtabel dengan nilai 0,483 > 0,396. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan hubungan positif antara pencak silat dan nilai religius anak usia dini yang mendukung pengembangan fisik dan nilai religius.

References

Amjad, & Mega, S. (2016). Teori dan Praktek Pencak Silat. IKIP Budi Utomo Malang.

ANA, M. G., Swidinata, S., Winata, F., Firmansyah, N., M. Suhadi, M. S., & Junaidi, I. A. (2023). Perbedaan Latihan Menggunakan Samsak dan Petching Terhadap Keterampilan Tendangan Pencak Silat Atlit Putra Perguruan Satria Muda Indonesia Komda Sumatera Selatan. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 5(02), 231–241. https://doi.org/10.35724/mjpes.v5i02.5347

Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Re. In Guepedia (pp. 7–8).

Eka Sapti Cahyaningrum, Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 208. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Fadila, N., Tisnawati, N., & Dkk. (2024). MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS TERHADAP ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA CARDSORT KELAS B TK PKK 1 BANJARSARI. Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 43. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/thufulah.v3i1

Hasanah, P. F. A., Hartati, S., & Yetti, E. (2021). Apakah Bela Diri Pencak Silat dapat Melatih Kedisiplinan pada Anak ? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2083. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1068

Hidayat, C., Setiawan, D., & Mulyana, D. (2018). Pelatihan Olahraga Pencak Silat Sebagai Upaya Melestarikan Olahraga Asli Indonesia Dan Mewujudkan Prestasi Anak Pada Usia Dini Di Upt Pendidikan Wilayah Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(2), 117. https://doi.org/10.37058/jsppm.v4i2.474

Julianti, S. (2019). IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA TIBO KECAMATAN SINDUE TOMBUSABORA KABUPATEN DONGGALA. IAIN Palu.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 4. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Kusumo, E., & Lemy, D. M. (2021). Pengembangan Budaya Pencak Silat Sebagai Atraksi Pariwisata Budaya Di Indonesia (Studi Pada Perguruan Pencak Silat Merpati Putih). Jurnal Pariwisata Pesona, 6(1), 75–80. https://doi.org/10.26905/jpp.v6i1.5872

Maulana, R. A., & Khotimah, N. (2022). Values of Character Education in Children’s Pencak Silat Education. Journal Early Childhood Education and Development, 4(2), 50–51. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i2.63067

Nazwan, A. P., & Alfurqan, A. (2022). Nilai-Nilai Karakter Religius dalam Kegiatan Pencak Silat. An-Nuha, 2(1), 29. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i1.148

Nuraida, N. (2016). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN PENCAK SILAT UNTUK ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi, 2, 59–77. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p59-77.309

Nurhalim, K. (2017). Pola Penanaman Nilai-Nilai Moral Religius di Tkit Arofah 3 Bade Klego Boyolali Info Artikel. Journal of Nonformal Education, 3(1), 54. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8910

Nurlina, Halimah, D. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(10), 252.

Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–16.

Rizki, M. (2023). Kolerasi Pencak Silat Terhadap Nilai Nilai Agama. Islamic Education, 1(2), 205–211.

Santyaningtyas, A. C., Tektona, I., Kong, H., & Hardy, J. (2019). Melindungi Hak Masyarakat Adat di Indonesia Pada Penyalahgunaan Ekspresi Budaya Tradisional di Indonesia. Jurnal Heritage, 7(1), 42. https://doi.org/10.35891/heritage.v7i1.1571

Setyowati, N. F. dan S. (2017). Kontribusi Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat terhadap Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Surabaya. PAUD Teratai, 6(3), 1.

Sudiana, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2017). Keterampilan Dasar Pencak Silat (p. 3). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Cahniyo Wijaya Kuswanto, Jatmiko, A., Riyani, I., & Pratiwi, D. D. (2025). Kegiatan Pencak Silat sebagai Sarana Pengembangan Nilai Religius Anak Usia Dini : Pencak Silat Activities as a Means of Development Religious Values of Early Childhood . Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3566

Issue

Section

Articles