Kompetensi Profesional Calon Guru PAUD dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Sistematis Literatur Review

Professional Competence of Prospective PAUD Teachers in Improving the Quality of Learning: Systematic Literature Review

Authors

  • Lilik Sofwatul Mala Sofwatul Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Hibana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Suyadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3703

Keywords:

Kompetensi Profesional, Calon Guru PAUD, Pembelajaran Berkualitas, Literatur Review

Abstract

One of the most important qualities that prospective PAUD teachers must have to encourage the development of high-quality learning is professional competence. Using a literature review study approach, this study seeks to investigate and evaluate how the professional competence of future PAUD teachers contributes to improving teaching standards. This study collects and examines various related literature, such as Google Scholar, OpenKnwledge, Sage, and ScienceDirect. Focusing on literature published in the last 10 years, namely between 2015 and 2024. This study will be conducted in three stages, starting with a literature search using the keywords "professional competence of PAUD teachers", "prospective PAUD teacher competence", and "quality PAUD learning" through predetermined literature sources, which resulted in 50 articles. In the second stage, the researcher will analyze the collected references and select 21 papers that meet the inclusion criteria. The results of the study indicate that proficiency in educational technology, the application of developmentally appropriate pedagogical approaches, and mastery of learning materials are components of the professional competence of prospective PAUD teachers. In addition, professional training, formal education, and direct experience in the field can help improve this competence. The difficulties experienced by prospective PAUD teachers, such as limited access to resources and training, were also highlighted in this study. To ensure that their professional competence can meet the demands of efficient and enjoyable learning, this study suggests improving education and training programs for prospective PAUD teachers.

 

ABSTRAK

Salah satu kualitas terpenting yang harus dimiliki oleh calon guru PAUD untuk mendorong pengembangan pembelajaran berkualitas tinggi adalah kompetensi profesional. Dengan menggunakan pendekatan studi tinjauan pustaka, penelitian ini berupaya untuk menyelidiki dan mengevaluasi bagaimana kompetensi profesional guru PAUD masa depan berkontribusi terhadap peningkatan standar pengajaran. Penelitian ini mengumpulkan dan meneliti berbagai literatur terkait, seperti Google Scholar, OpenKnwledge, Sage, dan ScienceDirect. Fokus pada literatur yang diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir yaitu antara 2015 dan 2024. Penelitian ini akan dilakukan dalam tiga tahap, diawali dengan pencarian literatur dengan menggunakan kata kunci “kompetensi professional guru PAUD”, “kompetensi calon guru PAUD”, dan “pembelajaran PAUD berkualitas” melalui sumber literatur yang telah ditentukan, yang menghasilkan 50 artikel. Pada tahap kedua, peneliti akan menganalisis referensi yang terkumpul dan memilih 21 makalah yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemahiran dalam teknologi pendidikan, penerapan pendekatan pedagogis yang sesuai dengan perkembangan, dan penguasaan materi pembelajaran merupakan komponen kompetensi profesional calon guru PAUD. Selain itu, pelatihan profesional, pendidikan formal, dan pengalaman langsung di bidang tersebut dapat membantu meningkatkan kompetensi ini. Kesulitan yang dialami oleh calon guru PAUD, seperti keterbatasan akses terhadap sumber daya dan pelatihan, juga disorot dalam penelitian ini. Untuk menjamin bahwa kompetensi profesional mereka dapat memenuhi tuntutan pembelajaran yang efisien dan menyenangkan, penelitian ini menyarankan peningkatan program pendidikan dan pelatihan bagi calon guru PAUD.

References

Adatul’aisy, R., Puspita, A., Abelia, N., Apriliani, R., & Dwi noviani. (2023). Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Pembelajaran. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 82–93. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.631

Aisyah, N. (2016). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Bahasa Lisan Anak Melalui Metode Bermain Peran dan Metode Bercerita di TK Bhayangkari Bandar Metro Lampung. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Amin, A., & Alimni. (2019). Development of Religion Materials Based On Synectic Approach to Junior High School Student. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 1(18). https://doi.org/https://doi.org/10.30845/ijhss.v8n7p6>

Anggraini, E. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Keprofesionalan Guru PAUD. Jurnal Usia Dini, 8(2), 110. https://doi.org/10.24114/jud.v8i2.41474

Eka, D., Dewi, C., Tanjua, A. L., Puspasari, N., & Nugraha, H. (2024). Kinerja Guru dan Permasalahannya. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2729

Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837

Harimurti, E. R. (2019). Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Buah Hati, 6(2), 78. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.580

Hasanah, A. (2023). Menjadi Pendidik Anak Usia Dini Yang Profesional. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 73–81. https://doi.org/10.35905/anakta jurnal piaud iain parepare.v%vi%i.5999

Hibana, Adinda, W. N., Samiaji, & Hamid, M. (2021). MANAJEMEN LEMBAGA PAUD Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Manajemen PAUD. Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Hibana, & Rahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1392

Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., & Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97–103. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063

Indrianto, N., & Fatmawati, D. N. (2024). Keterampilan Guru dalam Melaksanakan Penelitian. Jurnal Internasional Pendidikan, 3(1), 19.

Iwansyah, A., Aswa, H., Nurfadillah, & Masyitah. (2024). Pendampingan Orang Tua Dan Guru Paud Pada Era Teknologi Digital Di Tk J.a Warraihan Kota Bima. Jaroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 158–166. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/taroa.v2i2.2911

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2022). Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas Seri-9 Lingkungan Belajar Partisipatif. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, dan Tekonologi.

Marfuah, I., Mentari, E. G., & Oktavia, P. (2023). Problematika Guru PAUD dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–11.

NAEYC. (2005). National Association for the Education of Young Children.

Novitasari, D., & Fitri, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru PAUD Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal AUDHI: Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595

Nurdin, W. R. (2023). Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Yayasan Smart Home TK Islam Impian Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala Kota Makassar. Eprints, 7(2).

Pratama, D. (2021). Profesionalitas Guru Melalui Pendekatan Empat Pilar Pendidikan Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 126–139. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2482

Rahmanita, U., Marhayati, N., & Alimni. (2023). Menjadi Calon Guru Paud Yang Profesional Melalui Pendekatan Kesejahteraan Psikologis. Jurnal Studi Islam, Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 27–36. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2041

Ramadhan, N. S., & Nirwana, E. S. (2024). Kompetensi Profesional Guru Anak Usia Dini di PAUD IT Al Hasanah Kota Bengkulu. Journal of Elementary School (JOES), 7, 60–66. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v7i1.7654

Risatul, U., Rohmah, L., & Munastiwi, E. (2024). Strategi Guru Dalam Menstimulasi Kecerdasan Finansial Sejak Dini : Systematic Literature Review. 10(2), 71–82. https://doi.org/10.18592/jea.v10i2.13297

Triwahyuni, Y., & Nurhayati, A. (2016). Penguasaan Pengetahuan Gizi Calon Guru Paud Sebagai Hasil Belajar Kesehatan Dan Gizi II Di PG-PAUD UPI. Jurnal Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 5(1), 78–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/boga.v5i1.845

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Sofwatul, L. S. M., Hibana, & Suyadi. (2025). Kompetensi Profesional Calon Guru PAUD dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Sistematis Literatur Review: Professional Competence of Prospective PAUD Teachers in Improving the Quality of Learning: Systematic Literature Review. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 118–130. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3703

Issue

Section

Articles