TINGKAT MINAT SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP OLAHRAGA BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.35473/scj.v2i01.2411Abstract
One of the most popular sports in the world is basketball. Each team has five players on the floor during a basketball game. For each goal scored outside the three-point line, three points are awarded, for each goal scored inside the line is awarded two points, and for each free throw is awarded one point. The purpose of this study was to determine the level of interest in playing basketball for high school students in Karanganyar District. This type of research is quantitative research for data collection using a questionnaire with a number of questions that have been written that must be filled in by participants according to their circumstances as a data collection tool for this study. The population and sample are high school students in Karanganyar District, class X totaling 2 classes and class XI totaling 2 classes. The results and conclusions of the research conducted at SMA N 1 Karanganyar and SMA N 2 Karanganyar are classified as moderate with a percentage of 39.09% from SMA N 1 Karanganyar and 33.6% from SMA N 2 Karanganyar.
Abstrak
Salah satu olahraga paling digemari di dunia adalah bola basket. Setiap tim memiliki lima pemain di lantai selama pertandingan bola basket. Untuk setiap gol yang dibuat di luar garis tiga poin, diberikan tiga poin, untuk setiap gol yang dibuat di dalam garis diberikan dua poin, dan untuk setiap lemparan bebas diberikan satu poin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat minat bermain bola basket siswa SMA di-Kecamatan Karanganyar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif untuk pengambilan data menggunakan kuesioner dengan sejumlah pertanyaan yang sudah ditulis yang harus diisi oleh peserta sesuai dengan keadaan mereka sebagai alat pengumpulan data untuk penelitian ini. Populasi dan sampel yaitu siswa SMA di-Kecamatan Karanganyar kelas X berjumlah 2 kelas dan kelas XI berjumlah 2 kelas. Hasil dan kesimpulan penelitian yang dilakukan di SMA N 1 Karanganyar dan SMA N 2 Karanganyar tergolong sedang dengan persentase 39,09% dari SMA N 1 Karanganyar dan 33,6% dari SMA N 2 Karanganyar.
References
Amirullah. (2015). Populasi Dan Sampel (Pemahaman, Jenis Dan Teknik). Bayumedia Publishing Malang 16(4):293–303.
Amber , V. (2016). Petunjuk untuk Pelatih dan Pemain Bola Basket. (Sulistio). Bandung,Indonesia: Pionir Jaya
Ari Bowo, Prasetyo. (2019). Economic Education Analysis Journal Info Artikel. Economic Education Analysis Journal 8(1):18–23.
Aprilyanto , B. (2018). Minat Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket Terhadap Aktivitas Ekstrakurikuler Bolabasket Di SMK Negeri 5 Yogyakarta.
Faisal. (2021). Survei Minat Olahraga Pada Siswa Ekstrakulikuler Sepakbola SMK Negeri 2 Parepare Sport Interest Survey In Soccer Estraculicular Student State 2 Pare-Pare Vocational School.
Hetharion, Williem. (2018). Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. XV(1):189.
Ningsih, Esti Erna, Mimi Haetami, and Andika Triansyah. (2010). Persepsi Siswi Terhadap Ekstrakurikuler.
Nugroho, Reza Adhi, and Rizki Yuliandra. (2021). Analisis Kemampuan Power Otot Tungkai Pada Atlet Bolabasket. Sport Science and Education Journal 2(1):34–42. doi: 10.33365/ssej.v2i1.988.
Penerbangan, S. M. K., and Techno Terapan. (2019). Survey Of Interest Of Student Participating In Futsal.
Rohmantunisa, Soim, Usman Wahyudi, and Dona Sandy Yudasmara. (2020). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Pada Peserta Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health 2(2):119–29.
Saleh, M. Sahib, and Sunandar Sakria Malinta. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik 4(1):55–62. doi: 10.33369/jk.v4i1.10347.
Sari, Triwulan Kartika. (2016). Survey Minat Olahraga Bola Basket Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 PARE Kabupaten Kediri.
Sitepu, Indra Darma. (2018). Manfaat Permainan Bola Basket Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Prestasi 2(3):27. doi: 10.24114/jp.v2i3.10129
Norendra, W. (2013). Analisis Kinerja PKPRI Pada Aspek Kerjasama Antar KPRI Dan Pada Aspek Kepedulian Terhadap Komunitas KPRI Di Kabupaten Pemalang.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sabri. (2019). Survei Minat Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal Di SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar.
Adiningtyas, Winda Putri, Agus Tomi, and Dona Sandy Yudasmara. (2020). Survei Pembinaan Ekstrakurikuler Bolabasket pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas.
Jaya. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Dermawan, Dwiky, and Reza Adhi Nugroho. (2020). Survei Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Smp Negeri Di Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal Of Physical Education 1.2 : 14-19.
Pramudita, Dheka. (2010). Perbedaan pengaruh pembelajaran passing bola basket dengan modifikasi alat dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil belajar passing bola basket pada Siswa putri ekstrakurikuler bola basket SMP Pangudi Luhur Surakarta tahun pelajaran 2008/2009.
Suryani, Savira. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Bagian (Part Method) Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket (Studi Pada Peserta Didik Kelas VII A di SMP Negeri 2 Sumenep Tahun Ajaran 2016/2017)." Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 5.1.
Kurniawan, F., & Karyono, T. H. (2010). Ekstra Kurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah. Jurnal Bebas: Jur. Pend. Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, 2(2), 1-17.