LATIHAN FISIK MALAM HARI BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN MOOD ATLET SILAT SMA N 1 PEGANDON

Authors

  • Muhamad Warid Muqorrobin Universitas Negeri Semarang
  • Sahri Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/scj.v2i2.3350

Keywords:

Latihan Fisik, Gangguan mood, Silat

Abstract

Mood disorders are mental health problems that affect a person's emotional state. This is a disorder in which a person can experience extreme happiness, extreme sadness, or both for long periods of time. This study aims to investigate the relationship between evening physical exercise and mood disorders in martial arts athletes at SMA N 1 Pegandon. The research instrument used a questionnaire. The research sample consisted of 10 silat athletes who were randomly selected from the student population of SMA N 1 Pegandon. Data was collected through two main instruments: a questionnaire to measure the frequency, intensity and duration of physical exercise at night, as well as the FDMS to assess changes in mood before and after the training period. There was an influence of physical activity on mood in SMA N 1 PEGANDON Pesilat Athletes. This influence is 33.7%, while the remaining 58.1% is influenced by other factors. The results of the simple regression test show that the calculated r value (0.581) is greater than the r table (0.337), which indicates a significant relationship between physical activity (X) and mood (Y). From the regression analysis of variable X against Y, the equation Y = 87.238 - 410 is obtained. The constant value is 87.238. The X regression coefficient of -410 indicates that every 1% change in physical activity or FDMS values correlates with a decrease in mood of -410.

Abstrak

Mood disorder atau gangguan mood adalah masalah Kesehatan mental yang akan memengaruhi keadaan emosi seseorang. Ini adalah gangguan dimana sesorang bisa mengalami kebahagiaan yang sangat ekstrem, kesedihan ekstrem, atau keduanya dalam waktu lama. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan latihan fisik malam hari berhubungan dengan gangguan mood atlet silat SMA N 1 Pegandon. Instrumen penelitian menggunakan angket kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 10 atlet silat yang secara acak dipilih dari populasi siswa SMA N 1 Pegandon. Data dikumpulkan melalui dua instrumen utama: kuesioner untuk mengukur frekuensi, intensitas, dan durasi latihan fisik malam hari, serta FDMS untuk menilai perubahan mood sebelum dan setelah periode latihan terdapat pengaruh aktivitas fisik terhadap suasana hati pada Atlet Pesilat SMA N 1 PEGANDON. Pengaruh tersebut sebesar 33,7%, sementara 58,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa nilai r hitung (0.581) lebih besar dari r tabel (0.337), yang mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik (X) dan suasana hati (Y). Dari analisis regresi variabel X terhadap Y, diperoleh persamaan Y = 87,238 - 410X. Nilai konstanta adalah 87,238. Koefisien regresi X sebesar -410 menunjukkan bahwa setiap perubahan 1% dalam nilai aktivitas fisik atau FDMS berkorelasi dengan penurunan suasana hati sebesar -410.

References

Halodoc. 2020. Kejadian Traumatis Dapat Menyebabkan Mood Disorder. https://www.halodoc.com/artikel/kejadian-traumatis-dapat-menyebabkan-mooddisorder.

Bangun, Sabaruddin Yunis. 2016. Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Lembaga Pendidikan Indonesia. Medan. Vol. VI No 3. Oktober 2016.oleh Andri Ristomo (2009)

Jannah, Lu’lu’il. 2016. Hubungan antara Efikasi Diri dan Motivasi dengan Keterampilan Pencak Silat Mts Nurul Haq Balaraja Kabupaten Tangerang. Skripsi. Lampung: PPs Universitas Lampung.

Mulyana (2013). Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardotillah, M., & Zein, D. M. (2017). Silat Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Beladiri, dan Pemeliharaan Kesehatan, 18(2), 121–133.

Sukadiyanto. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.

Lauster, P. 1978. The Personality Test. London : Pan Books

Tegar Rizky Nur Maulida. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Fak Kedokt dan Ilmu Kesehat Univ Muhammadiyah Yogyakarta. 2017;4–7.

Burn and Grove, (2014).Understanding Nursing Research Building and Evidence Based Practice 6th ed, Philadelphia. WB Saunders Company.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta

Rahmawati, S A. (2013), Antecedent Keputusan Pembelian Online. Diponegoro Journal of Management. Journal, Semarang. Universita Diponegoro. Vol.02, No.03, 2013:1-11.

Adinugroho, I. (2016). Pengujian Properti Psikometrik Intelligenz Struktur Test. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 165-180.

Khasanah, U. (2019). Pengaruh Suasana Hati (Mood) Terhadap Kemampuan Menghafal AlQuran Peserta Didik Smp It Mutiara Hati Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Downloads

Published

2024-12-29