Perancangan Webstite Pemesanan Toko Milkymart Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)
DOI:
https://doi.org/10.35473/jamastika.v3i2.3437Abstract
Dalam era digital yang terus berkembang, kehadiran online sangat penting bagi bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Milkymart, sebuah toko yang menyediakan produk susu dan popok, berusaha memanfaatkan teknologi ini dengan mengembangkan website yang efektif dan efisien. Namun, website yang ada saat ini belum mampu memberikan pengalaman pengguna yang optimal, sehingga mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengadopsi pendekatan User Centered Design (UCD), yang menempatkan pengguna sebagai pusat proses perancangan, guna menciptakan website yang responsif terhadap kebutuhan pengguna.Penelitian ini bertujuan merancang ulang website Milkymart, sebuah toko susu dan popok, menggunakan metode User Centered Design (UCD) untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan efektivitas website. Website Milkymart saat ini dinilai kurang optimal dalam memberikan pengalaman pengguna, yang berdampak pada loyalitas pelanggan. Dengan menerapkan UCD, penelitian ini melibatkan pengguna dalam seluruh tahap pengembangan, mulai dari analisis kebutuhan hingga pengujian prototipe secara iteratif. Hasilnya menunjukkan bahwa UCD dapat menghasilkan website yang lebih responsif, fungsional, dan user-friendly, sehingga mampu meningkatkan kepuasan pengguna dan konversi penjualan
References
Alif Kresnanto, M., Trias Hanggara, B., & Sapta Prakoso, B. (2020). Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire ( UEQ ) ( Studi pada RedDoorz dan Airy ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(10), 3637–3646.
Alvin, A., & Pangaribuan, H. (2023). PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI TENTANG MITOLOGI INDONESIA BERBASIS ANDROID. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 9(1).
Amelia, L. (2020). Analisis Kualitas Layanan Website BPJS Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 1(2), 180–188. https://doi.org/10.35957/jtsi.v1i2.515
Firmansyah, E. R. (2022). LKP: Perancangan Desain Interface Website PT. Phalamas Wira Musti. Universitas Dinamika.
Guntasir, Y. D., & Sucipto, A. (2022). Perancangan User Interface (Ui) Dan User Eperince (Ux) Sistem Pengaduan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(3).
Imania, K. A. N., & Bariah, S. H. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 31–47.
Kumoro, D. T., & Ardhana, V. Y. P. (2023). Perancangan Antarmuka Aplikasi Mobile SIM UNIQHBA Menggunakan Metode User-Centered Design UCD. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(2), 121–128.
Kurniawati, putri. (2017). Interaksi Manusia Dan Komp. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.
Mubarok, M. S. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Kerusakan Barang Pada Diskominfo Jawa Barat Berbasis Web. Universitas Komputer Indonesia.
Munandar, A., Sulistiani, H., Adrian, Q. J., & Irawan, A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Pembelajaran Online Di Smk Al-Huda Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 7–14.
Noviyanti, E., Christian, A., & Wijaya, K. (2021). Implementasi Metode UCD (User Centered Design) Pada Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan: Studi Kasus : SMK Negeri 1 Gelumbang. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.47747/jpsii.v2i2.561
Permana, F. E., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2020). Perancangan User Experience Sistem Informasi Manajemen Magang pada Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 2858–2867.
Saputri, I. S. Y., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan metode ucd (user centered design) pada e-commerce putri intan shop berbasis web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 269–278.
Staiano, F. (2022). Designing and Prototyping Interfaces with Figma: Learn essential UX/UI design principles by creating interactive prototypes for mobile, tablet, and desktop. Packt Publishing Ltd.
Taufik, A., Sudarsono, G., Sudaryana, I. K., & Muryono, T. T. (2022). Pengantar teknologi informasi. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia, 1–113.
Wardani, S. (2023). Transformasi Interaksi Bisnis dan Konsumen dalam Era Komunikasi Digital. Jurnal Tadbir Peradaban, 3(2), 26–35.
Wiwesa, N. R. (2021). User Interface dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 17–31.
Yumarlin, M. Z. (2016). Evaluasi penggunaan website universitas janabadra dengan menggunakan metode usability testing. Informasi Interaktif, 1(1), 34–43.