Implementasi Sistem Penilaian Senam Artistik Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall di Persani Kota Semarang

Authors

  • Ummi Nurul Hidayah Universitas Ngudi Waluyo
  • Yoannes Romando Sipayung Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jamastika.v3i2.3471

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat banyak sistem mengalami kemajuan, terutama sistem penilaian. Sistem dengan bentuk website dapat mempermudah individu untuk bekerja dan mendapatkan sebuah informasi. Sedangkan senam artistik adalah jenis senam yang menggabungkan aspek berguling dan akrobatik untuk mendapatkan keindahan dari gerakan-gerakan yang dilakukan menggunakan alat. PERSANI Kota Semarang memiliki cabang dalam olahraga senam yaitu Senam Artistik, memiliki kendala di lapangan yaitu pemanfaatan teknologi yang kurang pada sistem penilaian lomba senam artistik. Pada saat perlombaan senam artistik, sistem penilaian masih manual dengan menggunakan kertas sehingga membutuhkan waktu untuk menggabungkan nilai dari juri satu dengan yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk dapat merancang dan menghasilkan Sistem Penilaian Senam Artistik Berbasis Website di PERSANI Kota Semarang dengan menggunakan metode Waterfall dan Framework Codeigniter. Peneitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif untuk pengumpulan data dan metode pengujian untuk mendapatkan data akhir.

Hasil penelitian ini adalah menghasilkan Sistem Penilaian Senam Artistik Putri Berbasis Website untuk mempermudah penilaian Senam Artistik Putri bagi Juri D dan Juri E.

 

Kata kunci: Sistem Penilaian, Website, Metode Waterfall, Framework Codeigniter, Senam Artistik Putri.

References

Penda, S. H. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara. Aceng, & Wahid, A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika Dan Manajemen SMK.

Andaru, A. (2018). Pengertian Database Secara Umum. OSF Prepr, 1.

Andrian, R., Ardiansyah, & Fitria, M. (2020). Rancangan Prototipe Aplikasi Informasi Penyewaan Gedung Pernikahan di Banda Aceh. KITEKTRO: Jurnal Online Teknik Elektro, 20.

Anugraha, N., Angriawan, R., & Mashud. (2020). Sistem Informasi Geografis Layanan Publik Lingkup Kota Makassar Berbasis Web. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 37.

Ariata, C. (2021, Agustus 13). Apa Itu Bootstrap Dan Fungsinya? Panduan Bagi Pemula. Diambil kembali dari HOSTINGER TUTORIAL: https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-bootstrap

Aristoteles, Wardiyanto, & Pratama, A. A. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ikan Budidaya Air Tawar dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Komputasi, 102.

Betha, S. (2018). Membangun Pemrograman Berbasis WEB Dengan Berbagai Kemudahan & Fasilitas Framework Codeigniter 3 . Bandung: Informatika Bandung.

Budidarma, J. M. (2019). Jurnal MIB Volume 3 No 3 Juli 2019. Dalam J. M. Budidarma (Penyunt.), Jurnal MIB Volume 3 No 3 Juli 2019 (hal. 226). Medan: Green Press.

Erik, P. S., & dkk. (2020). Perancangan Sistem Penilaian Kinerja Guru Berbasis Web. Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications Vol.1, No.3.

Gusmi, T. (2021, April 25). Mengenal Visual Studio Code. Diambil kembali dari GAMELAB INDONESIA: https://www.gamelab.id/news/468-mengena-visual-studio-code

Ika, A., & Rendi, P. (2020). Penggunaaan Website Sebagai Sarana Kegiatan Akademik Siswa Di SMA Negeri 1 Punggur Lampung Tengah. Jurnal Ilmu Komputer & Informatika, 94.

Jake, S. (2013). Bootstrap : Responsive Web Development. Sebastopol: O'Reilly Media Inc.

Jogiyanto. (2003). Sistem Teknologi Informasi, Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan Dan Pengelolaan. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.

Kevin, T. K. (2021, Mei 30). Pedoman Penilaian dalam Perlombaan Senam Lantai. Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com/sports/read/2021/05/30/09000088/pedoman-penilaian-dalam-perlombaan-senam-lantai

Lesmono, I. D., Doni, F. R., & Sumarna. (2014). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SANTRI BARU BERBASIS WEB PADA PONDOK PESANTREN AL-FATAH. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST), 182-185.

Miftahul, J., & dkk. (2019). Mahir Bahasa Pemrograman PHP. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mika, M., & Eleonora, T. (2021). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Metode Rapid Application Development(RAD) Dan Framework CSS Bootstrap. Jurnal Poliprofesi .

Muhammad, N., & Isna, D. N. (2021). Pengaruh Efektivitas Penilaian Sistem Digital Pertandingan Pencak Silat Berbasis Komputer Dengan Sistem Penilaian Manual. Jurnal Keolahragaan Universitas Galuh.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 34.

Nafiudin. (2019). Sistem Informasi Manajemen. Serang: Penerbit Qiara Media.

Penda, S. H. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara.

Prabowo, M. (2020). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga.

Purba, M. (2019). Aplikasi Pengolahan Data Nilai Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 152 Palembang Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Informatika, 46.

Putri, A. (2021, Mei 18). Pengertian HTML, Fungsi dan Cara Kerjanya. Diambil kembali dari NIAGAHOSTER Blog: https://www.niagahoster.co.id/blog/html-adalah/

Qurotul, A., & dkk. (2019). Sistem Penilaian Penguji Pada Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk Taekwondo Berbasis Laravel Framework Di Kota/Kabupaten. Journal Of Computer Engineering System and Science, 157-161.

R, R. A. (2020). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Studio Ilustrasi Unreal Studio. Digital Library Universitas Sebelas Maret .

Romadhoni, E. N., Widiyaningtyas, T., & Pujianto, U. (2015). IMPLEMENTASI MODEL WATERFALL PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ALUMNI SMKN 1 JENANGAN PONOROGO. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO), 449.

Rosaly, R., & Prasetyo, A. (2019). Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan.

Sapto, A., & Abi, F. F. (2019). Kajian Bahan Ajar Mobile Learning Senam Lantai. Malang: Penerbit Wineka Media.

Sari, A. Y., & Hadi, P. H. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA TERHADAP APLIKASI SCORECARD SYSTEM PADA PT. THE FOREST TRUST INDONESIA. 4.

Segara, A. (2019). Penerapan Pola Tata Letak (Layout Pattern) pada Wireframing Halaman Situs Web. Jurnal Magenta, 3(1), 452.

Setiawan, h., & Jati, H. (2017). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PANTAUAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 105-106.

Soulfitri, F. (2019). PERANCANGAN DATA FLOW DIAGRAM UNTUK SISTEM INFORMASI SEKOLAH (STUDI KASUS PADA SMP PLUS TERPADU). Readystar.

Sri, M. (2016). Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika .

Sudra, R. I., Dewi, R. K., Widiyanto, W. W., Sihotang, J. I., Jamaludin, J., Argaheni, N. B., . . . Purnawinadi, I. G. (2021). Manajemen Informasi Kesehatan . Medan: Yayasan Kita Menulis .

Sulistyorini, P. (2009). Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 24.

Tono, S. (2020). Code Of Point Dan Rubrik Penilaian Senam Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS , 1-3.

Wahana, K., & dkk. (2010). Panduan Belajar MySQL Database Server. Jakarta Selatan: Mediakita.

Yadi, U. (2011). Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Sriwijaya, 360-361.

Yefta, C., & Denny, A. (2021). Perancangan Sistem Manajemen Kerja Harian Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter di Universitas Internasional Batam. Conference on Management, Business, Innovation, Education and Sosial Sciences (CoMBInES).

Yudi, K. S. (2019). Peran Wanita Sebagai Pelatih Di Dalam Dunia Olahraga Senam Artistik. Jurnal STAMINA.

Yustin, J. A., Sujaini, H., & Irwansyah, A. M. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Construct 2. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 4, 3.

Zulkarnain, W., & Andini, S. (2020). Inkubator Bisnis Modern Berbasis I-Learning Untuk Menciptakan Kreativitas Startup di Indonesia. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, I, 80.

Yudi, K. S. (2019). Peran Wanita Sebagai Pelatih Di Dalam Dunia Olahraga Senam Artistik. Jurnal STAMINA.

Downloads

Published

2024-10-08