PENGENALAN BAHASA JEPANG MELALUI LAGU ANAK INDONESIA VERSI BAHASA JEPANG

Authors

  • Teguh Santoso Universitas Ngudi Waluyo
  • Christine Jeanny Mamoto Universitas Ngudi Waluyo
  • Sulhiyah Sulhiyah Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v1i1.1054

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjudul: ‘‘Pengenalan Bahasa Jepang melalui Lagu Anak Indonesia Versi Bahasa Jepang’’. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan salah satu bahasa asing Bahasa Jepang yang paling banyak dipelajari di Indonesia sejak dini melalui lagu anak Indonesia versi bahasa Jepang yang dimulai oleh peserta didik Sekolah Dasar. Lokasi pengabdian ini akan dilaksanakan di SDN 02, Candirejo Ungaran. Metode yang digunakan adalah metode Training of Trainner (TOT) dengan cara pemberian materi melalui ceramah, memberikan materi lirik lagu, memutarkan video melalui channel youtube: entossjp, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung oleh peserta didik. Tim pelaksana memberikan pengenalan bahasa Jepang melalui lirik lagu Indonesia versi bahasa Jepang kemudian praktik menyanyi dilakukan oleh peserta didik untuk mengenal bahasa Jepang melalui lirik lagu anak Indonesia versi bahasa Jepang.

 

References

Briggs, Leslie. 1977. Instructional Design Principles and Application. New Jersey:Educational Technology Publication.

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemp, J.E., Dayton. 1985. Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper & Lee Publisher.

Schramm. 1977. Big Media Little Media. New York: Sage.

Published

2021-07-10

Issue

Section

Articles