IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METAPLAN BERGAMBAR PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.35473/jbh.v1i1.1055Abstract
Penguasaan bahasa Inggris merupakan sebuah kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap individu di era global seperti saat ini. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sudah seharusnya diajarkan sejak usia dini. Kegiatan pembelajaran berupa memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak usia dini haruslah dikemas dalam format yang menarik dan menyenangkan, serta dapat memacu kreatifitas anak dalam belajar. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menitikberatkan pada implementasi pembelajaran bahasa Inggris dalam konteks verbal dengan menggunakan media pembelajaran berupa metaplan bergambar. Penggunaan metaplan bergambar ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kecerdasan dan perkembangan fisik motorik anak usia dini, sekaligus dapat memperkenalkan kosakata bahasa Inggris dasar kepada anak-anak dengan metode Total Physical Response yang dikemas dalam bentuk pembelajaran bermain dan demonstrasi. Metaplan bergambar ini dibuat dalam bentuk karpet bergambar yang bertemakan sebuah peta kota serta dilengkapi dengan nama tempat, nama jalan dan gambar bangunan yang dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya. Pada implementasinya, pengguna dapat berdiri diatas karpet bergambar ini dan menunjukkan nama-nama tempat dalam bahasa Inggris. Penggunaan metaplan bergambar ini telah diimplementasikan pada anak-anak usia dini yaitu usia 4 hingga 6 tahun. Pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metaplan bergambar ini telah terbukti dapat menjadi alat bantu pembelajaran bahasa Inggris yang menitikberatkan pada peningkatan kompetensi kosakata pada anak usia dini.References
Arung, F. (2012). ( Tpr ) Method and Direct Method. Teaching Method, 1–13.
Clapper, T. C. (2010). Role Play and Simulation: Returning to Teaching for Understanding. Education Digest: Essential Readings Condensed for Quick Review.
Davison, J., & Dowson, J. (2009). LEARNING TO TEACH ENGLISH IN THE SECONDARY SCHOOL (First publ). Routledge, Taylor & Francis Group.
Harmer, J. (2010). How to teach English (6th edition). In Pearson /Longman.
Liu, F., & Ding, Y. (2009). Role-play in English Language Teaching. Asian Social Science, 5(10), 140–143. https://doi.org/10.5539/ass.v5n10p140
Rambe, S. (2019). Total Physical Response. English Education : English Journal for Teaching and Learning. https://doi.org/10.24952/ee.v7i01.1652
Ramshaw, L. A. (1989). A metaplan model for problem-solving discourse. https://doi.org/10.3115/976815.976820
Uysal, N. D., & Yavuz, F. (2015). Teaching English to Very Young Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.042
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)