IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METAPLAN BERGAMBAR PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Dewandito Dwi Saptanto Universitas Ngudi Waluyo
  • Ratih Laily Nurjanah Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v1i1.1055

Abstract

Penguasaan bahasa Inggris merupakan sebuah kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap individu di era global seperti saat ini. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sudah seharusnya diajarkan sejak usia dini. Kegiatan pembelajaran berupa memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak usia dini haruslah dikemas dalam format yang menarik dan menyenangkan, serta dapat memacu kreatifitas anak dalam belajar. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menitikberatkan pada implementasi pembelajaran bahasa Inggris dalam konteks verbal dengan menggunakan media pembelajaran berupa metaplan bergambar. Penggunaan metaplan bergambar ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kecerdasan dan perkembangan fisik motorik anak usia dini, sekaligus dapat memperkenalkan kosakata bahasa Inggris dasar kepada anak-anak dengan metode Total Physical Response yang dikemas dalam bentuk pembelajaran bermain dan demonstrasi. Metaplan bergambar ini dibuat dalam bentuk karpet bergambar yang bertemakan sebuah peta kota serta dilengkapi dengan nama tempat, nama jalan dan gambar bangunan yang dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya. Pada implementasinya, pengguna dapat berdiri diatas karpet bergambar ini dan menunjukkan nama-nama tempat dalam bahasa Inggris. Penggunaan metaplan bergambar ini telah diimplementasikan pada anak-anak usia dini yaitu usia 4 hingga 6 tahun. Pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metaplan bergambar ini telah terbukti dapat menjadi alat bantu pembelajaran bahasa Inggris yang menitikberatkan pada peningkatan kompetensi kosakata pada anak usia dini.

References

Arung, F. (2012). ( Tpr ) Method and Direct Method. Teaching Method, 1–13.

Clapper, T. C. (2010). Role Play and Simulation: Returning to Teaching for Understanding. Education Digest: Essential Readings Condensed for Quick Review.

Davison, J., & Dowson, J. (2009). LEARNING TO TEACH ENGLISH IN THE SECONDARY SCHOOL (First publ). Routledge, Taylor & Francis Group.

Harmer, J. (2010). How to teach English (6th edition). In Pearson /Longman.

Liu, F., & Ding, Y. (2009). Role-play in English Language Teaching. Asian Social Science, 5(10), 140–143. https://doi.org/10.5539/ass.v5n10p140

Rambe, S. (2019). Total Physical Response. English Education : English Journal for Teaching and Learning. https://doi.org/10.24952/ee.v7i01.1652

Ramshaw, L. A. (1989). A metaplan model for problem-solving discourse. https://doi.org/10.3115/976815.976820

Uysal, N. D., & Yavuz, F. (2015). Teaching English to Very Young Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.042

Published

2021-07-10

Issue

Section

Articles