PELATIHAN FOTOGRAFI PRODUK UNTUK PEMASARAN DIGITAL MENGGUNAKAN TEKNIK LIFESTYLE PHOTOGRAPHY
DOI:
https://doi.org/10.35473/jbh.v2i1.1740Abstract
Pemasaran melalui media internet atau saat ini biasa dikenal dengan istilah digital marketing/ pemasaran digital. Pemasaran secara digital merupakan salah satu media pemasaran yang sedang diminati oleh masyarakat saat ini karena dapat menjangkau target konsumen yang lebih luas secara cepat dan tepat serta lebih efektif dan efisien. Dalam memanfaatkan media promosi secara maksimal, dibutuhkan kemampuan menciptakan kreasi baru dan unik agar pesan-pesan dapat melekat pada konsumen, sehingga tujuan menjangkau lebih banyak konsumen, salah satunya yaitu fotografi. Salah satu bentuk foto produk yang digunakan dalam pelatihan pada Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kali ini adalah fotografi produk. Mitra dari PKM ini adalah usaha toko busana Kedjora Grosir yang beralamatkan di Secang, Magelang, Jawa Tengah. Permasalahan mitra adalah kurangnya keterampilan dalam pengisian konten foto produk pada bisnis onlinenya, yang mengakibatkan pasifnya kinerja pemasaran digital di berbagai platform media sosial dan marketplace yang ada. Untuk itu, Tim PKM memberikan solusi berupa pelatihan fotografi produk busana secara sederhana dengan menggunakan smartphone dan properti pendukung lainnya. Pelatihan fotografi produk ini menggunakan teknik foto lifestyle, di mana menonjolkan objek orang dengan foto full body dengan background yang unik sesuai dengan tema gaya hidup yang dipakai serta didukung dengan properti lainnya untuk mempercantik dan memperdalam makna lifestyle foto itu sendiri. Hasil dan luaran dari proses pelatihan fotografi produk kali ini menghasilkan karya foto dengan teknik hero style dan flat lay photography, dan diharapkan bisa menjadi acuan Kedjora Grosir dalam meningkatkan engagement rate pada bisnis onlinenya. Â
Kata Kunci: fotografi produk, pemasaran digital, lifestyle photography
References
Bajpai, V., Pandey, S., Shriwas, S. (2016). Social Media Marketing: Strategies & Its Impact. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 1(7), pp. 214-223.
Barokah, Siti., Oryz Agnu Dian Wulandari, Mulat Triwinoto Sari, & Ivan Fadhil Yuditama. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI, 4(1), pp. 17-22.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (7th ed.). London: Pearson.
Hidayati, Khairina F. (17 Desember 2020). Memahami Konten Visual, Kunci Penting Pikat Pembaca dan Audiens. Diakses pada 26 Mei 2022, dari
https://glints.com/id/lowongan/visual-content-konten-visual/.
Ibnu. (31 Agustus 2021). Foto Produk: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Tips Foto Produk Terbaik. Diakses pada 25 Mei 2022, dari https://accurate.id/bisnis-ukm/foto-produk/.
Islamiyati, Nelsi. (12 September 2017). Foto Produk: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Foto. Diakses pada 26 Mei 2022, dari https://www.jagoanhosting.com/blog/foto-produk/.
Juju, Dominikus, Sulianta. (2015). Branding Promotion with Social Network. Jakarta: Elex Media.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. London: Pearson.
Maudhody, A. (11 September 2017). Mengapa Foto Produk di Era Digital Marketing Sangat Penting? Diakses pada 25 Mei 2022, dari https://banjarmasin.tribunnews.com/2017/09/11/mengapa-foto-produk-di-era-digital-marketing-sangat-penting-simak-penjelasan-pakar-pemasaran.
Merliyana, dkk. (2021). Pelatihan Fotografi Produk Untuk Menambah Ketrampilan Berpromosi. Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 1(2), pp. 96-103.
Neilpatel. (2021). The Only Ultimate Guide to Visual Content You Need. Diakses pada 25 Mei 2022, dari https://neilpatel.com/blog/visual-content-guide/.
Saptiyono, Ami., Errika Dwi Setya Watie, & Kharisma Ayu Febriana. (2021). Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari. Jurnal Tematik, 3(1), pp. 6-10.
Socamedia, (2018). Strategi Marketing Dengan Fotografi. Diakses pada 25 Mei 2022, dari https://socamedia.id/artikel/strategimarketing-dengan-fotografi.
Tahaea, Silvina. (2016). Fotografi Produk Sebagai Saran Promosi Produk Lampu Untuk Perajin Lampu di Nitiprayan, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Trisakti Jakarta, 1(1), pp. 40-49.
Wardhana, Aditya. (2017). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Forum Keuangan dan Bisnis IV, UPI Bandung Th 2017, 4(1), pp. 327-337.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)