PELATIHAN BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA FLASHCARD DAN METAPLAN BERGAMBAR PADA SISWA DI PAUD CAHAYA MENTARI UNIVERSITAS NGUDI WALUYO
DOI:
https://doi.org/10.35473/jbh.v2i1.1741Abstract
Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru akan berdampak pada hasil pembelajaran itu
sendiri. Metode yang dipakai dapat meningkatkan mood dan motivasi siswa. Siswa
Pendidikan Anak Usian Dini (PAUD) berada pada masa emas untuk belajar bahasa, terutama
bahasa Inggris. Mereka belajar bahasa Inggris lebih baik dibandingkan orang dewasa.
Akan tetapi, keterbatasan fasilitas dan motivasi siswa tidak dapat mewujudkan hasil akhir
pembelajaran secara maksimal. Pengajaran bahasa Inggris menggunakan flashcard dianggap
sebagai metode yang menyenangkan dan bersifat interaktif terutama dalam pengajaran
bahasa Inggris kepada anak usia dini. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama satu bulan
meliputi; analisis kondisi, pengenalan flashcard, pengenalan penggunaan flascard untuk
mengajar, simulasi dan evaluasi pembelajaran. Dengan menggunakan flashcard berbasis
ideologi Pancasila, guru tidak hanya mengajarkan kosakata bahasa Inggris tetapi juga dapat
menanamkan nilai-nilai luhur bangsa yang akan berimbas pada kehidupannya. Flashcard ini
terdiri dari 25 kartu yang terbagi dalam 5 unit, setiap unit tediri dari 5 kata. Unit 1;
Ketuhanan terdiri dari masjid, shalat/beribadah, gereja, pendeta dan biksu; unit 2:
Kemanusiaan terdiri dari keluarga, manusia, membantu, hormat dan peduli; unit 3: Persatuan
terdiri dari bendera, budaya, negara, pulau dan seragam; unit 4 Demokrasi terdiri dari desa,
kota, pemilu, presiden dan warga negara; unit 5: Keadilan terdiri dari keadilan, hukum,
polisi, kaya dan hadiah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di PAUD Cahaya Mentari Universitas Ngudi Waluyo dengan memberikan manfaat baik bagi
guru maupun siswa untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris. Hasilnya, para guru di PAUD tersebut berharap adanya kegiatan atau program seperti ini yang berkelanjutan.
Kata Kunci: metode pengajaran, flashcard, metaplan bergambar
References
Briggs, L. (1977). Instructional Design Principles and Application. New Jersey: Educational Technology Publication.
Kemp, J.E., & Dayton. (1985). Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper & Lee Publisher.
Schramm. (1977). Big Media Little Media. New York: Sage.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)