PELATIHAN BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA FLASHCARD DAN METAPLAN BERGAMBAR PADA SISWA DI PAUD CAHAYA MENTARI UNIVERSITAS NGUDI WALUYO

Authors

  • Mochamad Rizqi Adhi Pratama Universitas Ngudi Waluyo
  • Maya Kurnia Dewi Universitas Ngudi Waluyo
  • Deswandito Dwi Saptanto Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i1.1741

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru akan berdampak pada hasil pembelajaran itu
sendiri. Metode yang dipakai dapat meningkatkan mood dan motivasi siswa. Siswa
Pendidikan Anak Usian Dini (PAUD) berada pada masa emas untuk belajar bahasa, terutama
bahasa Inggris. Mereka belajar bahasa Inggris lebih baik dibandingkan orang dewasa.
Akan tetapi, keterbatasan fasilitas dan motivasi siswa tidak dapat mewujudkan hasil akhir
pembelajaran secara maksimal. Pengajaran bahasa Inggris menggunakan flashcard dianggap
sebagai metode yang menyenangkan dan bersifat interaktif terutama dalam pengajaran
bahasa Inggris kepada anak usia dini. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama satu bulan
meliputi; analisis kondisi, pengenalan flashcard, pengenalan penggunaan flascard untuk
mengajar, simulasi dan evaluasi pembelajaran. Dengan menggunakan flashcard berbasis
ideologi Pancasila, guru tidak hanya mengajarkan kosakata bahasa Inggris tetapi juga dapat
menanamkan nilai-nilai luhur bangsa yang akan berimbas pada kehidupannya. Flashcard ini
terdiri dari 25 kartu yang terbagi dalam 5 unit, setiap unit tediri dari 5 kata. Unit 1;
Ketuhanan terdiri dari masjid, shalat/beribadah, gereja, pendeta dan biksu; unit 2:
Kemanusiaan terdiri dari keluarga, manusia, membantu, hormat dan peduli; unit 3: Persatuan
terdiri dari bendera, budaya, negara, pulau dan seragam; unit 4 Demokrasi terdiri dari desa,
kota, pemilu, presiden dan warga negara; unit 5: Keadilan terdiri dari keadilan, hukum,
polisi, kaya dan hadiah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di PAUD Cahaya Mentari Universitas Ngudi Waluyo dengan memberikan manfaat baik bagi
guru maupun siswa untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris. Hasilnya, para guru di PAUD tersebut berharap adanya kegiatan atau program seperti ini yang berkelanjutan.

Kata Kunci: metode pengajaran, flashcard, metaplan bergambar

References

Briggs, L. (1977). Instructional Design Principles and Application. New Jersey: Educational Technology Publication.

Kemp, J.E., & Dayton. (1985). Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper & Lee Publisher.

Schramm. (1977). Big Media Little Media. New York: Sage.

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles