PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI MICROSOFT POWERPOINT BAGI GURU SD IGNATIUS SLAMET RIYADI SEMARANG

Authors

  • Yoannes Romando Sipayung Universitas Ngudi Waluyo
  • Zulmi Roestika Rini Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i1.1742

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memicu penerapan pembelajaran daring di Indonesia. Isu mengenai pendidikan dan proses pembelajaran hampir di seluruh dunia saat ini dipengaruhi dengan ditetapkannya status masa pandemi Covid-19 oleh WHO pada tanggal 11 Maret 2020. Semua proses pembelajaran daring mulai diberlakukan secara mendadak dan serentak. Perkembangan saat ini membutuhkan inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajaran secara daring. Para pendidik (dosen maupun guru) dituntut untuk menguasai teknologi informasi untuk dapat memberikan pelayanan pendidikan yang lebih berkualitas dan menarik. Microsoft PowerPoint (PPT) merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk kepentingan program presentasi, baik untuk presentasi bisnis maupun untuk tujuan pendidikan. Salah satu hal yang dapat digunakan pada Microsoft PowerPoint adalah membuat media pembelajaran yang sifatnya interaktif. Para Guru SD Ignatius Slamet Riyadi yang berlokasi di Kota Semarang termasuk kurang memanfaatkan kelebihan aplikasi tersebut dalam pembuatan media pembelajaran. Berdasarkan pada hal tersebut, maka perlu adanya pengabdian untuk meningkatkan kemampuan bagi para Guru SD Ignatius Slamet Riyadi dalam pembuatan media pembelajaran yang nantinya akan berkembang dengan memberi pelatihan-pelatihan lainnya yang sifatnya lebih kompleks. Pengabdian ini menggunakan metode pelatihan yang terdiri dari beberapa tahap. Hasilnya, para peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan dasar secara signifikan terkait media pembelajaran dengan menggunakan Microsoft PowerPoint.       

Kata Kunci: Microsoft Power Point; guru Sekolah Dasar

References

Ahadia, N., Zulmuhibban, M., Aulia, C., Claudia, N., Apriyani, N., Widiawati, R., Anggreni, W., Ningsiati, Y., & Mertha, I. G. (2021). Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), pp. 2–5.

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal (ELSE), 1(1), pp. 28–37.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), pp. 188–198.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), pp. 121–125.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). pp. 1-10.

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), pp. 181.

Rofifah, D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, pp. 12–26.

Sipayung, Y R. (2020). Pelatihan Daring Desain Grafis Bagi Pengurus Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 270–274.

Sipayung, Yoannes Romando, Cahya, K., Wibawa, S., Technology, I., & Sipayung, Y. R. (2020). The Role of Information Technology Toward the Development of Online Learning Process in Covid-19. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(4), pp. 948–958.

Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017, 5(1), pp. 53–68.

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles