PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PENDEKATAN MEDIA SOSIAL DI DESA UDANWUH KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Meida Rachmawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Teguh Harso Widagdo Universitas Ngudi Waluyo
  • Ari Eko Budiyanto Universitas Ngudi Waluyo
  • Bambang Ahmad Indarto Universitas Ngudi Waluyo
  • Sudiyono Sudiyono Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i1.1743

Abstract

Pemberdayaan pelaku usaha melalui bimbingan dan pelatihan mampu untuk meningkatkan kompetensi wirausaha dalam mengelola dan menjalankan usaha lebih baik lagi. Revolusi industri saat ini ditandai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka pelaku usaha dituntut untuk mampu mengaplikasikan perkembangan teknologi di bidang bisnisnya agar dalam operasionalnya semakin efektif dan efisien. Desa Udanwuh, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang merupakan desa yang mempunyai potensi  baik. Adapun potensi di Desa Udanwuh meliputi kondisi daerahnya yang asri sehingga cocok dijadikan desa wisata. Selain itu, kondisi air yang sangat melimpah sehingga cocok jika dimanfaatkan sebagai Bumdes desa sebagai usaha air minum serta potensi masyarakat yang kebanyakan berwirausaha. Untuk meningkatkan kompetensi warga desa dibutuhkan kolaborasi dengan pihak pemerintah dan pihak swasta dalam memberikan bimbingan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam mengelola usaha.

Kata Kunci: UMKM, media sosial, pelaku usaha

References

Irma Paramita Sofia. (2015). Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) Sebagai Gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian. Widyakala Journal, 2(2), pp. 2-22.

Pigg, K. E. (2002) ‘Three Faces of Empowerment: Expanding the Theory of Empowerment in Community Development.’, Journal of the Community Development Society, 33(1), pp. 107-123.

Temasek & Google. & (2018) e-Conomy SEA 2018. Singapore: TEMASEK.

Van Ark, B., Erumban, A., Corrado, C., & Levanon, G. (2016). Navigating the new digital economy: driving digital growth and productivity from installation to deployment. New York: Conference Board.

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles