PENGEMBANGAN USAHA BISNIS RETAIL MODERN PADA TOKO PAKAIAN KEDJORA GROSIR

Authors

  • Adi Purwanto Universitas Ngudi Waluyo
  • Setya Indah Isnawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Noor Laila Ramadhani Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i1.1744

Abstract

Kebutuhan primer manusia seperti sandang, pangan, dan papan menyebabkan hadirnya berbagai peluang usaha seperti bidang usaha kuliner, fashion, dan perumahan, yang menjadi salah satu bidang usaha yang paling diminati oleh para pelaku usaha. Fashion adalah bidang usaha yang paling banyak di daerah Magelang dan sekitarnya. Toko Kedjora Grosir adalah mitra dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kali ini. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM tersebut adalah terbatasnya pemasaran digital, tata kelola karyawan yang masih berantakan, penyajian produk pakaian yang belum maksimal, dan desain pakaian yang masih terbatas mengikuti arus tren. Metode pelaksanaan PKM kali ini adalah teknik pendampingan dan pembinaan terhadap permasalahan yang tengah di hadapi mitra. Luaran yang dihasilkan yaitu optimasi pemasaran digital yang telah dipahami oleh mitra termasuk penggunaan konten marketing. Tata kelola karyawan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, display produk pakaian lebih menarik dan estetik, serta dapat menciptakan tren fashion sendiri dibandingkan hanya dengan mengikuti arus tren. Hasilnya, pengembangan usaha bisnis retail modern pada Toko Kedjora Grosir mampu meningkatkan kemampuan pelaku usaha pakaian dalam optimasi digital marketing & konten marketing, tata kelola jobdesk karyawan & display produk pakaian, serta penciptaan trend desain fashion itu sendiri.

Kata Kunci: pengembangan, retail modern, bisnis fashion

References

Herawaty, Neety & Reni Yustien. (2019). Pengaruh Modal, Penggunaan Informasi Akuntasni dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil (Survei Pada Usaha Rumahan Produksi Pempek di Kota Jambi). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 3 (1), pp. 63-76.

Kadeni, Nunik Srijani. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), pp. 191-200.

Manik Pratiwi, A. A. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73–81.

Nabawi, Naufal Irfa. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Yogyakarta. Sleman: Universitas Islam Indonesia.

Siahaan, Mutiara Najla. (2014). Impact Of Sales Promotion, Personal Selling, Lifestyle and Perception of The Impulse Buying (Studies On Consumer Fashion In Bandar Lampung Simpur Center Plaza). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Siana, Suci Thesi. (27 Mei 2021). Tahun 2021 Saatnya Retail Fashion Bangkit. Diakses pada 27 Mei 2022, dari https://www.industry.co.id/read/81789/tahun-2021-saatnya-retail-fashion-bangkit.

Stanton, William J. (2012). Prinsip pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Utami, Cristina Widya. (2016). Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel. Modern); Jakarta: Salemba Empat.

Undang-Undang Nomor 20 Pasal 1 tahun 2008.

Wibowo, A., Pradiptha, A. P., Mulyati, M., & Utari, D. R. (2020). Penyuluhan Wirausaha Berbasis Teknologi untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Masa New Normal. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 357–365.

Widodo, Wahyu. (27 Juli 2021). UMKM Jawa Tengah di Pusaran Pandemi. Diakses pada 27 Mei 2022, dari https://mie.feb.undip.ac.id/archives/17245.

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles