PELATIHAN MOBILE APPLICATION GUNA MENDUKUNG PROFESIONALITAS USAHA PADA KEDJORA GROSIR

Authors

  • Ari Siswati Universitas Ngudi Waluyo
  • Setya Indah Isnawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Noor Laila Ramadhani Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i1.1746

Abstract

Perkembangan UMKM dewasa ini memberikan dampak positif bagi pemulihan perekonomian di Indonesia di masa pandemi COVID-19. Di tengah maraknya perusahaan-perusahaan raksasa yang gulung tikar, namun pertumbuhan UMKM menjadi kunci bagi negara dalam memulihkan kondisi perekonomian. Hal ini menuntut para pelaku UMKM untuk  membenahi manajemen usaha mereka agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen, yaitu dengan memulai membuat strategi perencanaan pengelolaan keuangan sederhana yang mudah digunakan oleh pelaku UMKM. Hal ini tentu akan mendapat nilai tambah atau menjadi lebih professional dalam mengelola keuangan usaha. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Program Studi S1-Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Humaniora, Universitas Ngudi Waluyo Ungaran ini adalah usaha toko busana Kedjora Grosir yang beralamatkan di Secang, Magelang, Jawa Tengah. Permasalahan mitra adalah kurangnya pengelolaan keuangan secara professional sehingga membuat mitra kesulitan untuk membuat laporan serta pengelolaan keuangan yang jelas. Maka, tim Pengabdian Kepada Masyarakat memberikan solusi dengan memberikan pelatihan pengelolaan keuangan yang mudah menggunakan mobile application. Hasil luaran dari proses pelatihan mobile application keuangan ini dapat memberikan manfaat bagi toko Kedjora Grosir dalam kelancaran usaha bisnisnya, serta pengelolaan keuangan sederhana melalui aplikasi mobile. Selain itu, ternyata dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di desa tersebut dan menjadikan operasional perusahaan lebih profesional.

Kata Kunci: UMKM, pengelolaan keuangan, mobile application

References

Aini, Sepdia Qurrota. (2 Maret 2022). Aplikasi Jurnal Akuntansi: Pengertian, Manfaat, dan Fiturnya. Diakses pada 25 Mei 2022, dari

https://www.equiperp.com/blog/aplikasi-jurnal-akuntansi/

Effendi, Rezta. (16 Februari 2022). 4 Manfaat Aplikasi Pengatur Keuangan, Buat Keuangan Lebih Teratur! Diakses pada 25 Mei 2022, dari https://www.cekaja.com/info/manfaat-aplikasi-pengatur-keuangan

Halim, Abdul dan Bambang Supomo. (2001). Akuntansi Manajemen, Edisi Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Natalia, Michelle. (5 Oktober 2020). Penjualan Online Naik 480% selama Pandemi Covid-19. Diakses pada 25 Mei 2022, dari

https://economy.okezone.com/read/2020/10/05/455/2288689/penjualan-online-naik-480 selama-pandemi-covid-19

Sawir. (2009). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sutrisni, Ni Ketut Elly (2020). “Dampak Pandemi Covid_19 Terhadap Bisnis Penjualan Berbasis Online di Baliâ€. Jurnal Ilmiah dan Bisnis, 5(2), pp. 102-109.

Wild, John, K.R. Subramanyam dan Robert F. Hasley. (2005). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Delapan, Buku Kesatu. Alih Bahasa : Yanivi dan Nurwahyu. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles