MEMBANGUN KOMPETENSI SDM, KONTEN PRODUK DAN LAPORAN KEUANGAN PADA BUMDES MAJU RAHAYU KABUPATEN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.1807Abstract
Data Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT)Â menyatakan pada tahun 2021 jumlah BUMDes mencapai 57.273. Di mana rinciannya 45.233 BUMDes yang aktif dan 12.040 BUMDes yang tidak aktif. Pandemi Covid-19 menerjang sektor ekonomi dari perkotaan hingga pedesaan. Dari data Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) tersebut, setidaknya sejumlah 15.768 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang terdampak pandemi. Adapun permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra yaitu masih minimnya kompetensi SDM tersebut dalam mengelola konten produk dan membuat pelaporan keuangan yang berbasis komputerisasi. Mitra juga ingin usaha BUMdes Mart-nya berdaya saing tinggi di wilayah Kabupaten Semarang. Solusi yang diberikan adalah dengan membimbing dalam melakukan pembuatan konten produk menggunakan aplikasi Canva, meningkatkan mutu sumber daya manusia, serta pengelolaan manajemen keuangan dan pelaporan akuntansi yang transparan dan akuntabel. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan kreatifitas, pembuatan konten, laporan keuangan dan inovasi wirausaha berkelanjutan. Pengembangan ekonomi kreatif yang memberikan wadah yang sebesar-besarnya bagi para pelaku usaha BUMDes membutuhkan dukungan ide inovatif yang sekaligus membentuk wawasan wirausahawan yang mendukung pada keberlangsungan ekonomi yang mandiri. Bentuk kegiatan ini adalah seminar dan pelatihan. Materi kegiatan ini meliputi, antara lain : 1). pengelolaan SDM, 2) memanagement pembuatan laporan keuangan, 3) memanagement pembuatan konten produk.
References
Azara, R. (2020). Buku Ajar Manajemen Operasional Dan Implementasi Dalam Industri. Sidoarjo: Umsida Press.
Maulana, Y., Fahrudin, W. A., & Aprina, B. (2021). Perencanaan & Perancangan Produk (Issue 1). Tangerang Selatan: Unpam Press.
Nuryanta, N. (2008). Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tinjauan Aspek Rekrutmen dan Seleksi). El-Tarbawi, 1(1), pp. 55–69.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), pp. 9–14.
Suparji. (2019). Pedoman Tata Kelola BUMDES. Jakarta: UAI Press.
Tjiptono. (2000). Analisis Kepuasan Konsumen (Servqual Model Dan Important Performance Analysis Model. Jurnal Media Ekonomi, 7(1), pp. 1–20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Bakti Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)