MEMBANGUN KOMPETENSI SDM, KONTEN PRODUK DAN LAPORAN KEUANGAN PADA BUMDES MAJU RAHAYU KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Irsal Fauzi Universitas Ngudi Waluyo
  • Dewi Ariani Universitas Ngudi Waluyo
  • Meida Rachmawati Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.1807

Abstract

Data Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT)  menyatakan pada tahun 2021 jumlah BUMDes mencapai 57.273. Di mana rinciannya 45.233 BUMDes yang aktif dan 12.040 BUMDes yang tidak aktif. Pandemi Covid-19 menerjang sektor ekonomi dari perkotaan hingga pedesaan. Dari data Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) tersebut, setidaknya sejumlah 15.768 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang terdampak pandemi. Adapun permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra yaitu masih minimnya kompetensi SDM tersebut dalam mengelola konten produk dan membuat pelaporan keuangan yang berbasis komputerisasi. Mitra juga ingin usaha BUMdes Mart-nya berdaya saing tinggi di wilayah Kabupaten Semarang. Solusi yang diberikan adalah dengan membimbing dalam melakukan pembuatan konten produk menggunakan aplikasi Canva, meningkatkan mutu sumber daya manusia, serta pengelolaan manajemen keuangan dan pelaporan akuntansi yang transparan dan akuntabel. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan kreatifitas, pembuatan konten, laporan keuangan dan inovasi wirausaha berkelanjutan. Pengembangan ekonomi kreatif yang memberikan wadah yang sebesar-besarnya bagi para pelaku usaha BUMDes membutuhkan dukungan ide inovatif yang sekaligus membentuk wawasan wirausahawan yang mendukung pada keberlangsungan ekonomi yang mandiri. Bentuk kegiatan ini adalah seminar dan pelatihan. Materi kegiatan ini meliputi, antara lain : 1). pengelolaan SDM, 2) memanagement pembuatan laporan keuangan, 3) memanagement pembuatan konten produk.

References

Azara, R. (2020). Buku Ajar Manajemen Operasional Dan Implementasi Dalam Industri. Sidoarjo: Umsida Press.

Maulana, Y., Fahrudin, W. A., & Aprina, B. (2021). Perencanaan & Perancangan Produk (Issue 1). Tangerang Selatan: Unpam Press.

Nuryanta, N. (2008). Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tinjauan Aspek Rekrutmen dan Seleksi). El-Tarbawi, 1(1), pp. 55–69.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), pp. 9–14.

Suparji. (2019). Pedoman Tata Kelola BUMDES. Jakarta: UAI Press.

Tjiptono. (2000). Analisis Kepuasan Konsumen (Servqual Model Dan Important Performance Analysis Model. Jurnal Media Ekonomi, 7(1), pp. 1–20.

Downloads

Published

2022-12-29