PELATIHAN IKLAN BERBAYAR SHOPEE PADA UMKM KERAJINAN TANDUK SAPI (SUBUR SOUVENIR - MAGELANG)

Authors

  • Jaya Ramadaey Bangsa Universitas Ngudi Waluyo
  • Fitri Dwi Jayanti
  • Ari Eko Budiyanto

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.1927

Abstract

Akibat pembatasan kegiatan sosial yang dipengaruhi oleh adanya virus Covid-19 mengakibatkan banyak UMKM yang mengalami kebangkrutan karena penurunan penjualan yang signifikan. Subur Souvenir merupakan salah satu pengusaha pengrajin tanduk sapi dan produk souvenir lain berbahan dasar kayu juga mengalami dampak yang sama. Pemasaran digital merupakan salah satu cara yang paling memungkinkan untuk meningkatkan penjualan sebuah usaha. Terdapat beberapa platform yang dapat digunakan oleh pengusaha dalam kegiatan pemasaran digital, seperti sosial media, e-commerce dan marketplace. Subur Souvenir menggunakan aplikasi Shopee namun belum maksimal dalam pengelolaanya. Pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan pengelolaan Shopee terkhusus dalam penggunaan iklan berbayar. Optimasi iklan berbayar yang dilakukan adalah pemberian nama yang dapat mencakup beberapa kata kunci, penggunaan produk dengan rating dan penjualan tertinggi serta penggunaan PPC yang relatif tinggi terbukti dapat meningkatkan kunjungan dan penjualan Subur Souvenir. Peningkatan kunjungan meningkat 60% dibandingkan periode sebelum pelatihan dan setelah satu minggu terdapat penjualan hasil dari iklan berbayar tersebut

Author Biography

Jaya Ramadaey Bangsa, Universitas Ngudi Waluyo

Program Studi Bisnis Digital

References

Abhilasha Mehta. (2000). Advertising Attitudes and Advertising Effectiveness. Journal of Advertising Research, pp. 67–72.

Best, R. J. (2013). Market-Based Management: Strategies for Growing Customer Value and Profitability 6th ed. In R. J. Best, Market-Based Management: Strategies for Growing Customer Value and Profitability 6th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Effendy, O. U. (2002). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Harahap, M. A., & Susri Adeni. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), pp. 13–23.

Indriarto Fidelis. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran Dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan (Studi Kasus lklan L-Men & Fren). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, pp. 223–268.

Koler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education.

Rawal, M. (2019). The Impact of Message Framing with Advertising Appeals on Consumer Attitudes and Brand Choice. Carbondale: Southern Illinois University.

Stewart, K., Kammer-Kewrick, M., Koh, H., Dunn, M., & Cunningham, I. (2019). Examining digital video advertising (DVA) effectiveness: The role of product category, product involvement, and device. European Journal of Marketing, 53(11), pp. 2451-2479.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, pp. 327–337.

Yuliani, & Suarmanayasa. (2021). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2), pp. 146–154.

Downloads

Published

2022-12-29