PENDAMPINGAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DI SEKOLAH DASAR NEGERI TLOGOSARI KULON 05 KOTA SEMARANG

Authors

  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Yusuf Setia Wardana Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Aniq Khairul Basyar Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.1957

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Tlogosari Kulon 05 merupakan sekolah dasar yang berlokasi di tengah kota Semarang. Keberadaan sekolah ini mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar di masa pandemi ini di mana pemerintah kota Semarang mewajibkan seluruh jenjang sekolah baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas untuk mengadakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Jumlah guru yang bertugas di Sekolah Dasar Negeri Tlogosari Kulon 05 ada tujuh orang. Mayoritas dari mereka belum menguasai benar pembelajaran dalam jaringan yang baik dan benar. Untuk melaksanakan pembelajaran daring dengan baik dan benar dibutuhkan media pembelajaran yang memadai. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran yang mampu membantu pembelajaran daring untuk bisa berjalan dengan baik dan benar. Seorang guru harus mampu menentukan dan memilih media pembelajaran yang cocok untuk digunakan berdasarkan peserta didik yang dihadapinya. Sasaran pengabdian ini adalah para guru yang bertugas di Sekolah Dasar Negeri Tlogosari Kulon 05. Tujuan pengabdian ini adalah membantu para guru yang bertugas di Sekolah Dasar Negeri Tlogosari Kulon 05 menguasai media pembelajaran daring dengan baik dan benar, sehingga kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar. Target luaran yang ditawarkan adalah berupa pelatihan media pembelajaran daring berbasis android. Kegiatan pengabdian dengan langkah kegiatan: pemaparan materi, pendampingan workshop pembuatan media pembelajaran berbasis android, dan pendampingan uji coba media pembelajaran berbasis android. Selanjutnya metode pelaksanaan pengabdian dilaksanakan melalui beberapa tahap, yaitu sosialisasi media pembelajaran berbasis android, pembuatan media pembelajaran berbasis android, dan pendampingan uji coba media pembelajaran berbasis android. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah mengantarkan guru untuk mencapai level pemahaman yang memadai terkait cara membuat media pembelajaran berbasis android.

Author Biographies

Ikha Listyarini, Universitas PGRI Semarang

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

 

Muhammad Arief Budiman, Universitas PGRI Semarang

UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Muhammad Yusuf Setia Wardana, Universitas PGRI Semarang

UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Muhammad Aniq Khairul Basyar, Universitas PGRI Semarang

UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

References

Buchori, A. B. A., Budiman, M. B. M., Happy, N. H. N., & Aini, A. A. A. (2017). Pembuatan Bahan Ajar dan Media Online Berbasis Kurikulum 2013 oleh Guru-Guru SD Se-Kecamatan Pedurungan. INFO, 17(1), pp. 1-11.

Budiman, M. A. 2017. The Role of Technology (Social Media) in Exploration Study Lesson at Elementary School Teacher Education Program. Learning Technologies In Education: Issues And Trends, Unika Soegijapranata & Youngstown State University, pp. 18-26.

Listyarini, I., & Budiman, M. A. (2018, October). Use of Digital Book Media at SD Negeri Pedurungan Tengah 02 Semarang. In Proceeding of PGSD UST International Conference on Education, 1(1), pp. 69-72.

Listyarini, I., Ulumuddin, A., Basyar, M. A. K., & Saputra, H. J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Anyflip di Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 2(1), pp. 137-142.

Nurseta, R. A., Untari, M. F. A., & Listyarini, I. (2020). Penerapan Media Video Kebencanaan dengan Model Teams Games Tournament (TGT) pada Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(3), pp. 401-406.

Wardana, M. Y. S. (2019). Implementasi Model RME Dengan Media Pizza Pecahan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), pp. 69-78.

Wardana, M. Y. S., & Lintiasri, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Majinatif (Majalah Pintar Edukatif) pada Pembelajaran Sains untuk Anak. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 117-129.

Wicaksono, F. A., Listyarini, I., & Prasetyo, S. A. (2020). Keefektifan Model Team Games Tournaments Berbantu Media Koper Kata Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 2(1), pp - .

Wigianti, W., Mudzanatun, M., & Wardana, M. Y. S. (2021). Keefektifan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SDN Klesem 01 Kandangserang Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Dimensi Pendidikan, 17(2), pp. 37-45.

Downloads

Published

2022-12-29