PENGEMBANGAN HASIL PRODUKSI KELOMPOK TANI NGUDI LUHUR SEBAGAI SOLUSI USAHA BERKEMBANG LUAS

Authors

  • Sudiyono Sudiyono Universitas Ngudi Waluyo
  • Meida Rachmawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Teguh Harso Widagdo Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.2007

Abstract

Penanganan permasalahan pertanian di Indonesia perlu adanya dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah sebagai penyumbang dana bagi kegiatan pertanian, masyarakat sebagai penyampai informasi yang tepat dalam pengelolaan lahan, serta partisipasi para petani dalam kegiatan pertanian. Salah satu program pemerintah untuk kesejahteraan para petani adalah dengan program Kelompok Tani (KT). Adapun tujuan dibentuknya Kelompok Tani (KT) adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan petani dan keluarganya  sebagai subjek  pembangunan pertanian melalui pendekatan kelompok  agar lebih berperan dalam pembangunan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi, dan dokumentasi, untuk membuktikan keabsahan data, di gunakan teknik ketekunan di lapangan dan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kelompok Tani (KT) Ngudi Luhur berperan sebagai wadah untuk meningkatkan pendapatan melalui kegiatan pengolahan hasil pertanian dan bank sampah, menjadi wadah untuk meningkatkan produktivitas melalui kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan, menjadi wadah untuk menambah pendidikan dan pengetahuan melalui kegiatan pertemuan rutin dan pelatihan. Dari kegiatan tersebut para anggota mampu meningkatkan pendapatan keluarga, dan menekan biaya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Hasil dari setiap kegiatan di Kelompok Tani (KT) Ngudi Luhur dimanfaatkan oleh masing-masing anggota untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

References

Alam, S.S., Noor, M.K.M. (2009). International Journal of Business and Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Carter, J., (2014). Social Media Strategies in Small Business. Manchester: Manchester Metropolitan University.

Chaterina,Intan. (2012). The Effect Of Customer Engagement In The Social Media Towards Trust (Study To Facebook Sunsilk Indonesia). Skripsi, Universitas Indonesia.

Edomwan,S., Prakasan,S.K., Kouame,D., Watson,J., Seymour,T. (2011). The History of Social Media and Its Impact on Business. The Journal of Applied Management and Entrepreneurship, 16(3), pp. 1-13.

Evans, Dave. (2008). Social Media Marketing An Hour A Day. Canada: Wiley Publishing, Inc.

Evans, Dave. (2010). Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Fandy, Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT ANDI.

Faraz Farooq, Zohaib. (2012). The Impact of Social Networking to Influence Marketing through Product Reviews. Emerald Group Publishing Limited ISSN2223-4985.

Gurnelius, Susan. (2011). 30-minute Sosial Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Husein, Umar. (2000). Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Merril, T., Latham, K., Santalesa, R., Navetta, D., (2011). Social Media: The business benefit may be enermous, but can the risks-reputation, legal, operational-be mitigated? Information Law Group, pp. 1-12.

Miller,R., Lammas,N., (2009). Social Media and its Implication for Viral Marketing. Asia Pacific Public Relation Journal, 11(1), pp. 1-9.

Puntoadi, Danis. (2011). Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media, Jakarta: PT Elex Komputindo.

Priambada, S. (2017). Potensi Media Sosial bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malang Raya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 9(3), pp. 239-244.

Ramadhan,A., Putri,Y.R., & Nasionalita, K. (2017). Analisis Strategi Promosi Melalui Jejaring Sosial Lineat Pada UMKM Paroparodhop. e-Proceeding of Management Telkom University, pp. 1888-1895.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Bina Aksara.

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, pp. 131-132.

Syastra, M. T. (2017). Penggunaan Media Sosial sebagai New Marketing Strategy Tool pada Usaha Kecil Menengah. ISSN: 2477-4944, 3(1), pp. 111-120.

Tuten, Tracy. (2008). Advertising2.0: SocialMedia Marketing in a Web 2.0 World. Connecticut: Greenwood Publishing.

Downloads

Published

2022-12-29