PENGAJARAN BAHASA JEPANG MENSETSU CLASS DI MAN 1 KOTA SEMARANG

Authors

  • Althaf Gauhar Auliawan Universitas Ngudi Waluyo
  • Rosalina Wahyu Riani Universitas Ngudi Waluyo
  • Teguh Santoso Universitas Ngudi Waluyo
  • Akhmad Riza Zulfikar Universitas Ngudi Waluyo
  • Rokhmah Suci Erika Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.2033

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan atas dasar banyaknya permintaan tenaga kerja atau pemagang ke Jepang yang berasal dari lulusan SMA/ SMK/ MA. Peserta didik akan dipekerjakan di Jepang, baik di sektor industri, pertanian, maupun keperawatan mengingat menurunnya tenaga produktif di Jepang. Praktik di lapangan menunjukkan bahwa sebelum peserta didik bekerja di Jepang, mereka diwajibkan melalui tahap seleksi yang utamanya adalah Mensetsu (wawancara kerja dalam bahasa Jepang). Akan tetapi, selama ini materi tentang penguasaan Mensetsu belum masuk di dalam buku ajar atau belum pernah diajarkan oleh guru di sekolah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan bagi peserta didik untuk menguasai Mensetsu bahasa Jepang, baik secara teori maupun praktek. Selain itu, tim pengabdian meninjau dan mengadakan feedback (umpan balik) penguasaan Mensetsu tersebut. Lokasi pengabdian ini dilaksanakan di MAN 1 Kota Semarang, mengingat sekolah tersebut pernah ditetapkan bahasa Jepang sebagai Ujian Nasional. Metode yang digunakan adalah metode Training of Trainner (TOT) dengan cara pemberian materi melalui ceramah, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung oleh peserta didik. Adanya kegiatan pengabdian ini diharapkan agar peserta didik memiliki bekal dan lebih siap untuk menghadapi dunia kerja dan pemagangan Jepang setelah lulus. 

Author Biography

Althaf Gauhar Auliawan, Universitas Ngudi Waluyo

Japanese Culture

References

Creswell, John W. (2014). Research Design. California: SAGE Publications.

Kemp, J.E., Dayton. (1985). Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper & Lee Publisher.

Megumi, Shimada dkk. (2010). Wakaru Bijinesu Nihongo. Tokyo: ASK Publishing.

Murakami, Yoshifumi. (2008). Shigoto no Nihongo: Japanese for Business. Tokyo: Aruku.

Neuman, W. Laurence. (2011). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, 7 edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Schramm. (1977). Big Media Little Media. New York: Sage.

The Japan Foundation. (2019). Kaiwa to Konpyuutaa. Osaka: The Japan Foundation Language Institute Kansai.

Tsunagu. (2020). Realita Pekerja Asing di Jepang Berdasarkan Data Statistik. Diakses pada 29 Agustus 2022, dari https://www.tsunagulocal.com/id/14751

Downloads

Published

2022-12-29