STRATEGI PROMOSI PADA BUMDES-MART DESA KRADENAN KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Teguh Harso Widagdo Universitas Ngudi Waluyo
  • Sudiyono Universitas Ngudi Waluyo
  • Satria Avianda Nurcahyo Universitas Ngudi Waluyo
  • Meida Rachmawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Ahmad Ali Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v3i1.2360

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, berimbas pada peningkatan akan pentingnya keberadaan bisnis ritel atau retail business di tengah masyarakat. Semula dipandang hanya sebagai penyedia barang dan jasa, kini ritel dipandang sebagai bisnis yang semakin inovatif, dinamis, dan kompetitif. Untuk menjadikan ritel sebagai bisnis yang demikian, diperlukan pemberdayaan para pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuannya melalui bimbingan dan pelatihan sehingga kompetensi kewirausahaannya akan makin meningkat dengan pengelolaan usaha yang dijalankan menjadi lebih baik, efektif dan efisien. Penelitian ini dirancang untuk pemilik atau pimpinan toko ritel dan karyawannya untuk berlatih mendesain gambar dan teks menggunakan Canva sebagai alat promosi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini antara lain pembuatan modul Canva sebagai panduan desain gambar, pembuatan kerangka kerja deskripsi kerja untuk setiap pemilik atau pimpinan usaha dan karyawan, dan hasil pelatihan desain gambar menggunakan Canva digunakan dalam bahan promosi seperti t-shirt, mug, spanduk, flyer, poster, banner ataupun sarana lainnya.

Kata Kunci: bisnis ritel, strategi promosi, pelaku usaha

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles