PEMASARAN DIGITAL PRODUK KESENIAN DI KELURAHAN LANGENSARI (PEMBUATAN PRODUK KESENIAN HANTARAN PERNIKAHAN)
DOI:
https://doi.org/10.35473/jbh.v3i1.2428Abstract
Memulai sebuah bisnis tidak cukup hanya mengandalkan keberuntungan dan diam diri saja menunggu konsumen datang untuk membeli namun, perlunya usaha dalam mengenalkan produk kita agar lebih dikenal masyarakat luas. Melalui pemasaran digital produk dari bisnis bisa di kenal oleh masyarakat luas dan bahkan sampai manca negara. selain itu, dengan adanya pemasaran juga sangat membantu para konsumen untuk menemukan produk yang sedang di butuhkan. Organisasi PKK Desa Langensari merupakan organisasi yang memiliki keinginan membangun perkenomian Desa Langensari. Cukup banyak anggota PKK yang memiliki keinginan dan kemampuan untuk menciptakan suatu produk yang dapat dikembangankan sebagai bisnis. Untuk itu Program Studi Desain Fashion dan Bisnis Digital Universitas Ngudi Waluyo berinisiatif memberikan pelatihan Pengelolaan Keuangan Sederhana pada Skala Industri Rumah Tangga di Desa Langensari dengan Membuat Produk kesenian hantaran pernikahan bagi Ibu-ibu PKK Desa Langensari. Evaluasi dari pelatihan ini berdasarkan atas pemahaman peserta pelatihan pada sesi yang diberikan. Selain itu juga diberikan kuesioner yang diisi peserta untuk menilai kualitas pelatihan di akhir sesi. Dari pelatihan yang diberikan antusias serta pemahaman dari peserta sangat baik hal ini dibuktikan dari kuesioner yang diberikan di akhir sesi pelatihan rata-rata pemahaman peserta pada skala 4 yang termasuk dalam kategori baik. Sehingga hasil dari pelatihan ini kedepannya harus selalu ditingkatkan agar pemahaman bagi masyarakat desa dalam mengelola keuangan dan manajemen usaha semakin baik lagi.
Kata Kunci: pemasaran digital, produk kesenian, hantaran pernikahan
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)