PENINGKATAN ENGLISH SPEECH FLUENCY DENGAN TEKNIK CHUNKING DAN PAUSING PADA SISWA SMA DI KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Dewi Rosnita Hardiany Universitas Ngudi Waluyo
  • Budiati Universitas Ngudi Waluyo
  • Endang Susilowati Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/bh.v3i1.2433

Abstract

Kemampuan speaking skill dirasa lebih sulit untuk di kuasai siswa dibandingkan kemampuan Bahasa Inggris lainnya yang bersifat pasif (reading dan writing). Public speaking sebagai kemampuan untuk berbicara dengan baik di depan umum pada siswa kurang maksimal. Seringkali siswa mengalami kesulitan karena kurangnya persiapan sehingga tidak percaya diri saat melakukan Public Speaking. Penyebab lainnya  adalah rasa cemas yang berlebihan sehingga  presentasi yang mereka lakukan tidak sesuai ekspektasi.  Terdapat beberapa metode dan teknik yang dapat dilakukan dalam melakukan presentasi ataupun public speaking agar presenter dapat menghasilkan penampilan yang baik dan materi yang disampaikan dapat di terima oleh audiens, salah satunya dengan teknik chunking dan pausing. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan English Speech Fluency dengan teknik Chunking dan Pausing bagi siswa SMA di wilayah Kabupaten Semarang. Metode pelaksanaan kegiatan diawali dengan sosialisasi dan pembekalan kepada mahasiswa Sastra Inggris yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini, dilanjutkan dengan koordinasi dengan pihak sekolah target terkait jadwal pelaksanaan. Diakhiri dengan pelaporan hasil kegiatan setelah pelaksanaan program selesai. Kegiatan ini dilaksanakan kepada siswa kelas X dan XI yang tergabung dalam English Club sebanyak 18 orang siswa dengan dilakukan pre-test, pemberian materi dan diakhiri dengan post-test. Dari hasil kegiatan ini diperoleh bahwa ada perubahan yang cukup signifikan pada speech fluency siswa sebelum dan setelah diberikan materi teknik chunking and pausing.

Kata Kunci: Teknik Chunking, Teknik Pausing, English Speech Fluency

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles