PENINGKATAN ENGLISH SPEECH FLUENCY DENGAN TEKNIK CHUNKING DAN PAUSING PADA SISWA SMA DI KABUPATEN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/jbh.v3i1.2433Abstract
Kemampuan speaking skill dirasa lebih sulit untuk di kuasai siswa dibandingkan kemampuan Bahasa Inggris lainnya yang bersifat pasif (reading dan writing). Public speaking sebagai kemampuan untuk berbicara dengan baik di depan umum pada siswa kurang maksimal. Seringkali siswa mengalami kesulitan karena kurangnya persiapan sehingga tidak percaya diri saat melakukan Public Speaking. Penyebab lainnya adalah rasa cemas yang berlebihan sehingga presentasi yang mereka lakukan tidak sesuai ekspektasi. Terdapat beberapa metode dan teknik yang dapat dilakukan dalam melakukan presentasi ataupun public speaking agar presenter dapat menghasilkan penampilan yang baik dan materi yang disampaikan dapat di terima oleh audiens, salah satunya dengan teknik chunking dan pausing. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan English Speech Fluency dengan teknik Chunking dan Pausing bagi siswa SMA di wilayah Kabupaten Semarang. Metode pelaksanaan kegiatan diawali dengan sosialisasi dan pembekalan kepada mahasiswa Sastra Inggris yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini, dilanjutkan dengan koordinasi dengan pihak sekolah target terkait jadwal pelaksanaan. Diakhiri dengan pelaporan hasil kegiatan setelah pelaksanaan program selesai. Kegiatan ini dilaksanakan kepada siswa kelas X dan XI yang tergabung dalam English Club sebanyak 18 orang siswa dengan dilakukan pre-test, pemberian materi dan diakhiri dengan post-test. Dari hasil kegiatan ini diperoleh bahwa ada perubahan yang cukup signifikan pada speech fluency siswa sebelum dan setelah diberikan materi teknik chunking and pausing.
Kata Kunci: Teknik Chunking, Teknik Pausing, English Speech Fluency
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)