PENCATATAN KEUANGAN SEDERHANA PADA USAHA MIKRO ROSOK DI KABUPATEN PATI

Authors

  • Bambang Ahmad Indarto Universitas Ngudi Waluyo
  • Dewi Ariani Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/bh.v3i2.2491

Abstract

Sejak 2014 Bapak Subeni menekuni usaha rosok yang dikelola bersama istrinya di Jakenan Kabupaten Pati dengan berfokus pada plastik dan botol minuman kemasan. Usaha tersebut lambat laun terus berkembang dan memiliki volume usaha yang terus meningkat. Usaha rosok tersebut didukung oleh istri Bapak Subeni yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru SD di Jakenan Kabupaten Pati. Usaha rosok yang semula dikelola sendiri saat ini menggunakan sistem ambil dimana ketika jaringan Bapak Subeni memberikan informasi tersedianya rosok maka Bapak Subeni akan segera mengambilnya. Usaha tersebut telah memberikan kontribusi finansial yang cukup besar bagi keluarga Bapak Subeni yang saat ini telah memiliki beberapa bidang tanah hasil dari usaha rosok. Semakin bertumbuhnya volume usaha, kompleksitas arus kas dan berbagai beban usaha membutuhkan sistem pembukuan yang terintegrasi agar seluruh aset yang dimiliki tercatat dengan baik. Usaha rosok tersebut membutuhkan Sistem Informasi Akuntansi guna meintegrasikan berbagai sumber daya seperti bahan baku, harga pokok penjualan, biaya operasional, biaya overhead dan berbagai sumber daya lain agar going concern usaha tersebut dapat terjaga. Sistem Informasi Akuntansi terintegrasi akan membantu pemilik melihat kondisi usaha secara real time dan mengambil keputusan secara cepat dan tepat serta dapat melihat persediaan barang dagangan sesuai stock opname. Aset dapat dicatat dengan baik sesuai usia pakainya sehingga penggunaanya dapat dimaksimalkan.

Kata Kunci: Rosok, Persediaan, Harga Pokok Penjualan, Sistem Informasi Akuntansi,

References

Hendrawan, A., Kuswantoro, F., & Sucahyawati, H. (2019). Dimensi Kreativitas dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 2(1).

Resalawati, A. (2011). Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Sektor UKM di Indonesia.

Rosyadi, A. D. F. Peran pusat Pelayanan dan Pengelolaan Sampah Terpadu (P3ST) Bestari dalam pemberdayaan masyarakat Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.

Pramudya, A. (2022). Implementasi Peraturan Desa (Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pedoman Penyelenggaraan Bank Sampah) di Kalurahan Panggungharjo Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa"APMD").

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia 2013.

Standing, G. (2010). The International Labour Organization. New Political Economy, 15(2), 307-318.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles