PENGENALAN PAKAIAN TRADISIONAL JEPANG YUKATA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35473/bh.v3i2.2701

Abstract

Yukata adalah pakaian tradisional Jepang yang biasa dipakai setelah berenang pada malam hari atau sore hari. Yukata juga sering digunakan pada musim panas. Pelajar bahasa Jepang di Indonesia biasanya belajar tentang Yukata dari manga (komik Jepang), anime (kartun Jepang), atau dorama (drama Jepang) yang karakternya mengenakan Yukata. Terbuat dari bahan katun tipis tanpa lapisan membuat Yukata nyaman digunakan saat cuaca panas. Tujuan dari demonstrasi Yukata ini, adalah untuk memberikan pelatihan penggunaan Yukata kepada pelajar tingkat SMA, khususnya siswa SMA DU 3 Jombang. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang budaya Jepang, khususnya pakaian tradisional Jepang Yukata. Hasil pelatihan dan survei yang dibagikan menunjukkan bahwa semua siswa atau peserta pelatihan sangat antusias dan dapat memahami, baik memakai Yukata sendiri maupun memakaikannya kepada temannya. Sementara itu, berdasarkan tanggapan yang diberikan oleh siswa, hampir seratus persen orang yang mengikuti pelatihan ini secara umum menyambut baik dan puas dengan cara kegiatan ini dijalankan. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat diadakan secara teratur di masa depan dan durasi kegiatan dapat diperpanjang. Pemahaman tentang budaya Jepang, terutama makna dan identitas Yukata, meningkat sebagai hasil dari kegiatan seperti ini.

Author Biography

Ichlasul Ayyub, Diponegoro University

Faculty of Humanities, Diponegoro University

References

John, M. (1988). Make your own Japanese Clothes Patterns and Ideas For Modern Wear. Kodansha International; Illustrated edition (February 22, 2013) Language ‏ : ‎ English.
Nitanai, K. (2017). Kimono design – An Introduction to textiles and Patterns. Tuttle Publishing.
Nugroho, R. D. (2019). Implementasi Budaya Jepang Sebagai Solusi Alternatif Spot Desa Wisata Kenanten , Mojokerto. Media Mahardhika Vol. 18 No. 1 September 2019, 18(1), 138–145.
Pippen, K. (2000). Quilting with Japanese Fabrics (First Edit). Martingale & Company.
The Japan Foundation. (2012). Survey Report on Japanese-Language Education Abroad 2012. 2013 Edition.
Yamato Kimono Library. (2018). ゆかた学 -200年の変化から最新トレンドまで-. 2018. https://library.kimono-yamato.co.jp/post-019/
勝行長谷川. (1998). 日本人の法則 (ひらタイブックス) (Tankobon H). ヤック企画.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles