OPTIMALISASI CUSTOMER SERVICE TERHADAP PERMINTAAN DAN PERSEPSI PELANGGAN SKYHILLS CAFE MERBABU

Authors

  • Teguh Harso Widagdo Universitas Ngudi Waluyo
  • Sudiyono Universitas Ngudi Waluyo
  • Satria Avianda Nurcahyo Universitas Ngudi Waluyo
  • Meida Rachmawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Ari Eko Budiyanto

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v3i2.2718

Abstract

Dalam setiap proses pengambilan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk itu adalah sama, dari proses tersebut sebenarnya konsumen bermaksud untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya, dan setiap konsumen pastilah memiliki persepsi tersendiri akan pilihannya dalam memilih suatu produk tersebut. Persepsi konsumen tidak hanya bergantung pada rangsangan fisik tapi juga rangsangan yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan keadaan individu yang bersangkutan. Aktivitas pengabdian ini dilakukan pada SkyHills Cafe Merbabu. Pengabdian ini dilakukan untuk menganalisis aktivitas konsumen dalam permintaan dan penawaran yang disampaikan oleh SkyHills Cafe Merbabu, dalam pengabdian ini menggunakan metode partisipasi aktif, observasi, wawancara dan dokumentasi yang saling berhubungan guna mendapatkan data dan informasi valid terkait dengan perilaku konsumen. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa persepsi terhadap kualitas pelayanan, kualitas pelayanan yang diberikan SkyHills Cafe Merbabu sangat baik kepada para pengunjungnya, sehingga para pengunjungnya merasa puas dan tetap loyal; persepsi terhadap harga, harga yang ditawarkan oleh pihak SkyHills Cafe Merbabu sangat sesuai selain itu pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan harapan pengunjung.

References

Budiningsih. (2009). Belajar Pembelajaran Terhadap Usaha Kafe. Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2014). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches(4th ed.). SAGE Publications.

Hair, J. F., Willam. C.Black., Barry. B. J., & Anderson. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.).Cengage Learning.

Hoyer, W. D., & MacInnis. D. J. (2010). Consumer Behavior (5th ed.). South-Western Cengage Learning.

Kotler, P., & Keller. K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Mankiw, N. G. (2014). Principles of Economics (7th ed.). Cengage Learning.

Peter, J. P., & O. J. C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy (9th ed.). McGraw-Hill.

Saunders, M., Leuwis. P., & Tornhill. A. (2019). Research Methods for Business Students (8th ed.). Pearson Education Limited.

Schiffman, L. G., & Kanuk. L. L. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). Prentice Hall.

Zeithaml, Valarie. A., Bitner. M. J., & Gremler. D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles