OPTIMALISASI CUSTOMER SERVICE TERHADAP PERMINTAAN DAN PERSEPSI PELANGGAN SKYHILLS CAFE MERBABU
DOI:
https://doi.org/10.35473/jbh.v3i2.2718Abstract
Dalam setiap proses pengambilan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk itu adalah sama, dari proses tersebut sebenarnya konsumen bermaksud untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya, dan setiap konsumen pastilah memiliki persepsi tersendiri akan pilihannya dalam memilih suatu produk tersebut. Persepsi konsumen tidak hanya bergantung pada rangsangan fisik tapi juga rangsangan yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan keadaan individu yang bersangkutan. Aktivitas pengabdian ini dilakukan pada SkyHills Cafe Merbabu. Pengabdian ini dilakukan untuk menganalisis aktivitas konsumen dalam permintaan dan penawaran yang disampaikan oleh SkyHills Cafe Merbabu, dalam pengabdian ini menggunakan metode partisipasi aktif, observasi, wawancara dan dokumentasi yang saling berhubungan guna mendapatkan data dan informasi valid terkait dengan perilaku konsumen. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa persepsi terhadap kualitas pelayanan, kualitas pelayanan yang diberikan SkyHills Cafe Merbabu sangat baik kepada para pengunjungnya, sehingga para pengunjungnya merasa puas dan tetap loyal; persepsi terhadap harga, harga yang ditawarkan oleh pihak SkyHills Cafe Merbabu sangat sesuai selain itu pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan harapan pengunjung.
References
Budiningsih. (2009). Belajar Pembelajaran Terhadap Usaha Kafe. Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2014). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches(4th ed.). SAGE Publications.
Hair, J. F., Willam. C.Black., Barry. B. J., & Anderson. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.).Cengage Learning.
Hoyer, W. D., & MacInnis. D. J. (2010). Consumer Behavior (5th ed.). South-Western Cengage Learning.
Kotler, P., & Keller. K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Mankiw, N. G. (2014). Principles of Economics (7th ed.). Cengage Learning.
Peter, J. P., & O. J. C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy (9th ed.). McGraw-Hill.
Saunders, M., Leuwis. P., & Tornhill. A. (2019). Research Methods for Business Students (8th ed.). Pearson Education Limited.
Schiffman, L. G., & Kanuk. L. L. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). Prentice Hall.
Zeithaml, Valarie. A., Bitner. M. J., & Gremler. D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)