PENGEMBANGAN UMKM ERA DIGITAL DI DESA NGARGOLOKA KABUPATEN BOYOLALI

Authors

  • Bayu Nurhadi B Nurhadi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v4i1.2994

Abstract

Abstrak

UMKM memiliki peran penting dalam penurunan tingkat kemiskinan. UMKM merupakan penopang perekonomian suatu negara di era digital. Digitalisasi teknologi di Indonesia semakin masif akibat dari semakin maraknya penggunan internet. Yang menjadi permasalahan pokok bagi pelaku UMKM di Desa Ngargoloka adalah masih minimnya digitalisasi pemasaran produk hasil dari UMKM dan minimnya pemanfaat digital marketing untuk sektor pariwisatanya. Apabila pelaku UMKM di Desa Ngargoloka bisa memaksimalkan digitalisasi pemasaran maka akan bisa berdampak signifikan terhadap pendapatan UMKM dan juga akan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Ngargoloka. Tujuan dari pengabdian masyarakat di Desa Ngargoloka Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali, adalah: pertama, edukasi tentang pentingnya branding dalam suatu produk. Kedua, memberikan edukasi tentang pentingnya teknologi dalam pemasaran produk usaha. Ketiga, memotivasi masyarakat agar menggunakan dan memaksimalkan pentingnya media sosial dalam pemasaran dan pengembangan usaha.

Kata Kunci: UMKM, Digital Marketing, Desa Ngargoloka

References

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, April.

Ayodya, R. W. (2020). UMKM 4.0 Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Elex Media Komputindo.

Bagale, G. S., Vandadi, V. R., Singh, D., Sharma, D. K., Garlapati, D. V. K., Bommisetti, R. K., Gupta, R. K., Setsiawan, R., Subramaniyaswamy, V., & Sengan, S. (2023). RETRACTED ARTICLE: Small and medium-sized enterprises’ contribution in digital technology. Annals of Operations Research, 326. https://doi.org/10.1007/s10479-021-04235-5

Bahtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia]. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 11(1). https://doi.org/10.22212/jekp.v11i1.1485

Dave Chaffey, F. E.-C. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7/E). Pearson Education.

Enge, E., Spencer, S., Stricchiola, J., & Fishkin, R. (2015). The Art of SEO 3rd. In O’Reilly.

Erik Qualman. (2009). Socialnomics : how social media transforms the way we live and do business. Wiley.

Joe Pulizzi, & Newt Barrett. (2009). Get Content Get Customers: Turn Prospects into Buyers with Content Marketing (Vol. 224). McGraw Hill Professional.

Jutla, D., Bodorik, P., & Dhaliwal, J. (2002). Supporting the e-business readiness of small and medium-sized enterprises: Approaches and metrics. Internet Research, 12(2). https://doi.org/10.1108/10662240210422512

Latifah, E. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di. Jurnal Ekonomi Digital, 3(2).

Lubis, T. A., & Junaidi, J. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3). https://doi.org/10.22437/ppd.v3i3.3535

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles