PENGEMBANGAN UMKM ERA DIGITAL DI DESA NGARGOLOKA KABUPATEN BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.35473/jbh.v4i1.2994Abstract
Abstrak
UMKM memiliki peran penting dalam penurunan tingkat kemiskinan. UMKM merupakan penopang perekonomian suatu negara di era digital. Digitalisasi teknologi di Indonesia semakin masif akibat dari semakin maraknya penggunan internet. Yang menjadi permasalahan pokok bagi pelaku UMKM di Desa Ngargoloka adalah masih minimnya digitalisasi pemasaran produk hasil dari UMKM dan minimnya pemanfaat digital marketing untuk sektor pariwisatanya. Apabila pelaku UMKM di Desa Ngargoloka bisa memaksimalkan digitalisasi pemasaran maka akan bisa berdampak signifikan terhadap pendapatan UMKM dan juga akan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Ngargoloka. Tujuan dari pengabdian masyarakat di Desa Ngargoloka Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali, adalah: pertama, edukasi tentang pentingnya branding dalam suatu produk. Kedua, memberikan edukasi tentang pentingnya teknologi dalam pemasaran produk usaha. Ketiga, memotivasi masyarakat agar menggunakan dan memaksimalkan pentingnya media sosial dalam pemasaran dan pengembangan usaha.
Kata Kunci: UMKM, Digital Marketing, Desa Ngargoloka
References
Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, April.
Ayodya, R. W. (2020). UMKM 4.0 Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Elex Media Komputindo.
Bagale, G. S., Vandadi, V. R., Singh, D., Sharma, D. K., Garlapati, D. V. K., Bommisetti, R. K., Gupta, R. K., Setsiawan, R., Subramaniyaswamy, V., & Sengan, S. (2023). RETRACTED ARTICLE: Small and medium-sized enterprises’ contribution in digital technology. Annals of Operations Research, 326. https://doi.org/10.1007/s10479-021-04235-5
Bahtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia]. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 11(1). https://doi.org/10.22212/jekp.v11i1.1485
Dave Chaffey, F. E.-C. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7/E). Pearson Education.
Enge, E., Spencer, S., Stricchiola, J., & Fishkin, R. (2015). The Art of SEO 3rd. In O’Reilly.
Erik Qualman. (2009). Socialnomics : how social media transforms the way we live and do business. Wiley.
Joe Pulizzi, & Newt Barrett. (2009). Get Content Get Customers: Turn Prospects into Buyers with Content Marketing (Vol. 224). McGraw Hill Professional.
Jutla, D., Bodorik, P., & Dhaliwal, J. (2002). Supporting the e-business readiness of small and medium-sized enterprises: Approaches and metrics. Internet Research, 12(2). https://doi.org/10.1108/10662240210422512
Latifah, E. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di. Jurnal Ekonomi Digital, 3(2).
Lubis, T. A., & Junaidi, J. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3). https://doi.org/10.22437/ppd.v3i3.3535
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)