MARKETING MIX SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ERA DIGITALISASI

Authors

  • Teguh Harso Widagdo Universitas Ngudi Waluyo
  • Sudiyono
  • Irsal Fauzi
  • Satria Avianda Nurcahyo
  • Meida Rachmawati
  • Luklu'ul Mufidah

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v4i1.3205

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat berimbas pada berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali dalam dunia bisnis dan pemasaran. Pun bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), dengan kemajuan teknologi informasi membuat peluang dalam memasarkan produk makin terbuka. Bisnis UMKM yang semakin inovatif, dinamis, dan kompetitif dalam era digitalisasi, menjadikan persaingan makin terbuka bukan hanya sesama usaha mikro kecil menengah saja, namun tak jarang dengan usaha menengah ke atas. Untuk menjadikan UMKM mampu bersaing, diperlukan pemberdayaan para pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuannya melalui bimbingan dan pelatihan sehingga kompetensi kewirausahaannya akan makin meningkat dengan pengelolaan usaha yang dijalankan menjadi lebih baik, efektif dan efisien.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Bisnis Manajemen Retail Universitas Ngudi Waluyo melakukan kegiatan pengabdian pada mitra UMKM pengrajin pandai besi Bareng Kudus. Hasil dari pengabdian masyarakat mengenai marketing mix sebagai strategi pemasaran ini diharapkan dapat digunakan dan diimplementasikan secara nyata pada usaha mikro kecil menengah dalam menghadapi era digitalisasi saat ini.

References

Heizer, J., & Render, B. (2016). Manajemen Operasi (11th ed.). Salemba Empat.

Kasmi, M., Mustari, Nasution, M. A., Ruspendi J, I. W., Budiarti, E., Sabri, Zuliawati Zed, E., Rois, T., Metris, D., A, A., Nurdiani, T. W., Yudanegara, A., Sulaeman, M., & Girsang, N. M. (2023). Prinsip Prinsip Pemasaran (Muttaqin (ed.); 1st ed.). Madza Media.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Global Edition) (15th ed.). England: Person Education.

Panget, B., Tumbel, T. M., & Tamengkel, L. D. . (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada CV. LION di Ternate. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(4).

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2012). Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo.

Tjiptono, F. (2007). Service, Quality and Satisfaction. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.

Widagdo, T. H., & Ali, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Inti dan Kualitas Pelayanan Peripheal Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Brand Image Seta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empirik Pada Sanggar Rias Widya Budaya Semarang). Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 31–44. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/.v2i2.1489

Widagdo, T. H., & Sudiyono, S. (2023). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA START-UP JEGGBOY SALATIGA. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(3), 153–160. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jumek.v1i3.123

Widagdo, T. H., Sudiyono, S., Nurcahyo, S. A., Rachmawati, M., & Ali, A. (2023). STRATEGI PROMOSI PADA BUMDES-MART DESA KRADENAN KABUPATEN SEMARANG. Bakti Humaniora, III(1), 41–46.

Downloads

Published

2024-06-24

Issue

Section

Articles