PENYUSUNAN BOOKLET TRILINGUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA SEPAKUNG KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Althaf Gauhar Auliawan Universitas Diponegoro
  • Lilis Lamsehat Panjaitan Universitas Diponegoro
  • Ridha Aninda Restu Universitas Diponegoro
  • Muhammad Wildan T A Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v4i2.3568

Abstract

This Community Service focuses on the preparation of a Trilingual Booklet as a promotional media for Sepakung Tourism Village, Banyubiru District, Semarang Regency. This booklet contains information about the profile, tourist destinations, events, and tour packages of Sepakung Village in three languages, namely Indonesian, English, and Japanese. The urgency to carry out this Community Service activity arose due to the limited promotional media and information in foreign languages ​​in Sepakung Tourism Village. Considering that currently, Sepakung Village has very great potential as a green tourism and has its own appeal for both domestic and foreign tourists. The purpose of this Community Service activity is to promote Sepakung Tourism Village through the creation of a Trilingual Booklet, where the potential and destinations of Sepakung Tourism Village can be well known by domestic and foreign tourists, as well as being a special attraction for them. This Community Service activity will be carried out through several stages, starting from observation and data collection, coordinating with Sepakung Village, compiling and translating the Trilingual Booklet into three languages, editing, creating an attractive design, to publishing the Trilingual Booklet as a promotional media. The expected output is the development of creative, innovative, and effective promotional media for Sepakung Tourism Village, so that it can attract domestic and foreign tourists.

 

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat ini berfokus pada penyusunan Booklet Trilingual sebagai media promosi Desa Wisata Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Booklet ini berisi informasi tentang profil, destinasi wisata, event, dan paket wisata Desa Sepakung ke dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Jepang. Urgensi untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini muncul karena keterbatasan media promosi dan informasi dalam bahasa asing di Desa Wisata Sepakung. Mengingat saat ini, Desa Sepakung memiliki potensi yang sangat besar sebagai wisata hijau serta memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk mempromosikan Desa Wisata Sepakung melalui pembuatan Booklet Trilingual, di mana potensi dan destinasi Desa Wisata Sepakung dapat dikenal dengan baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan dilakukan melalui beberapa tahap, mulai dari observasi dan pengumpulan data, berkoordinasi dengan pihak Desa Sepakung, penyusunan dan penerjemahan Booklet Trilingual ke dalam tiga bahasa, penyuntingan, pembuatan desain yang menarik, hingga publikasi Booklet Trilingual sebagai media promosi. Luaran yang diharapkan adalah berkembangnya media promosi Desa Wisata Sepakung yang kreatif, inovatif, dan efektif, sehingga dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Author Biography

Althaf Gauhar Auliawan, Universitas Diponegoro

Japanese Literature

References

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing: Strategy, implementation and practice (7th ed.). Pearson.

Creswell, John W. 2014. Research Design California: SAGE Publications.

Kemp, J.E., Dayton. 1985. Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper & Lee Publisher.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Neuman, W. Laurence. (2011). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, 7 edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Desa Wisata Sepakung. (2023). Sepakung Village Tourism. Diakses pada 24 September 2024, dari https://wisatasepakungdesa.wixsite.com/desawisatasepakung

Pemerintah Desa Sepakung. (2024). Pemerintah Desa Sepakung. Diakses pada 24 September 2024, dari https://sepakung.id/

Permana, Dian Ade & Sari Hardiyanto. (2024). Mengintip Desa Digital Sepakung di Semarang: Dari Daerah Tertinggal Jadi Melek Teknologi. Diakses pada 29 Oktober 2024, dari https://regional.kompas.com/

Primananda, Rubby Jovan. (2023, 12 Desember). Kemenparekraf fokus kembangkan destinasi wisata hijau pada 2024. Diakses pada 24 September 2024, dari https://www.antaranews.com/berita/3868056/kemenparekraf-fokus-kembangkan-destinasi-wisata-hijau-pada-2024

Rainer, Pierre. (2024, 4 Agustus). Kunjungan Wisatawan Mancanegara Capai 1,16 Juta, Tembus Rekor Pascapandemi. Diakses pada 24 September 2024, dari https://goodstats.id/article/kunjungan-wisatawan-mancanegara-1-16-juta-tembus-rekor-pascapandemi-WHAyT

Downloads

Published

2024-12-30