Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer

Authors

  • Marsiska Ariesta Putri UNW
  • Iwan Setiawan Wibisono TI,UNW

Abstract

Augmented Reality merupakan penggabungan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi menjadi lingkungan tiga dimensi nyata, kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real time. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi SMK Hidayah tentang pengenalan berbagai jenis perangkat jaringan dengan aplikasi Augmented Reality yang menampilkan objek 3D dan video tutorial materi pada modul sehingga tercipta suasana baru. dalam pengertian jaringan komputer. Penelitian dibatasi pada perancangan aplikasi yang dibangun untuk pengenalan materi berupa objek 3D berbasis jaringan komputer android smartphone. Model penelitian ini adalah metode waterfall atau alur kehidupan klasik (Classic Life Cycle). Produk aplikasi android ini telah melalui tahapan uji kelayakan produk yang dilakukan oleh dosen dan guru telah dinyatakan layak pakai, selanjutnya produk tersebut diujicobakan kepada siswa-siswi SMK Hidayah kelas XI dan dinyatakan “baikâ€. Berdasarkan data diatas maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi berbasis android berupa Perancangan Visualisasi 3D Pengenalan Jaringan Komputer dengan menggunakan sistem operasi android berbasis Augmented Reality, dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai pemahaman tentang materi pengenalan komputer jaringan

Author Biographies

Marsiska Ariesta Putri, UNW

M.AP

Iwan Setiawan Wibisono, TI,UNW

I.SW

Published

2020-12-26