Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Pengembangan Diri Guru PAUD

Authors

  • Windi Wulandari Iman Utama Universitas PGRI Yogyakarta
  • Nurbiana Dhieni Universitas Negeri Jakarta
  • Muhamad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1641

Keywords:

PKB, Profesionalisme, Pengembangan diri guru PAUD

Abstract

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan pengembangan kompetensi pendidik yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan setiap guru dalam rangka meningkatkan profesionalitas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan temuan tentang pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam aspek pengembangan diri guru di gugus PAUD 1 dan Gugus PAUD 2 Kapanewon Pajangan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil temuan menunjukan bahwa : (1) Kesadaran dan motivasi dalam pengembangan diri guru PAUD. (2) Upaya dalam pengembangan diri dalam meningkatkan profesionalisme guru. (3) Aksi nyata pengembangan diri dalam meningkatkan profesionalisme guru.

References

Aasen, W., & R. Sadownik, A. (2019). Does the New Kindergarten Teacher Education Program in Norway Provide Good Conditions for Professional Kindergarten Teachers? Universal Journal of Educational Research, 7(3A), 1–7. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071301

Dzamesi, F. E., & van Heerden, J. (2020). A professional development programme for implementing indigenous play-based pedagogy in kindergarten schools in ghana. South African Journal of Education, 40(3), 1–11. https://doi.org/10.15700/saje.v40n3a1793

Farida Mayar, Desmawati Roza, & Eva Delfia. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5).

Gallego, P. L., & Caingcoy, M. E. (2020). Competencies and professional development needs of kindergarten teachers. International Journal on Integrated Education, 3.

Hibana, S. S. (2021). Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Urnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3).

Holst, T. K., & Pihlaja, P. M. (2011). Teachers’ perceptions of their personal early childhood special education competence in day care. Teacher Development, 15(3), 349–362. https://doi.org/10.1080/13664530.2011.608517

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Muktiono W. (2012). Continuous Profesional Development for PAUD Teacher. Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUDNI, 7(1).

Nasution, N., & Nurhafizah, N. (2019). PROFESIONALISME GURU ANAK USIA DINI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Tambusai , 3(2).

Redman, E., Wiek, A., & Redman, A. (2018). Continuing Professional Development in Sustainability Education for K-12 Teachers: Principles, Programme, Applications, Outlook. Journal of Education for Sustainable Development, 12(1), 59–80. https://doi.org/10.1177/2455133318777182

Taib, B., & Mahmud, N. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842

Tang, J. J. (2018). The Professional Development of Macau School Principals: Making the Most of the Best. Chinese Education and Society, 51(5), 307–323. https://doi.org/10.1080/10611932.2018.1510696

Tannehill, D., Demirhan, G., Čaplová, P., & Avsar, Z. (2021). Continuing professional development for physical education teachers in Europe. European Physical Education Review, 27(1), 150–167. https://doi.org/10.1177/1356336X20931531

Unlu, S. (2018). Eurasian Journal of Educational Research Curriculum Development Study for Teacher Education Supporting Critical Thinking* A R T I C L E I N F O. Eurasian Journal of Educational Research, 76, 165–186. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.76.9

Wulandari, R. T., & Kustiawan, U. (2018). Evaluation Study of Early Formal Education Teacher Competence in Early Childhood Learning Dance at Kindergartens in Malang, Indonesia. Research on Education and Media, 10(1), 3–8. https://doi.org/10.1515/rem-2018-0002

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Iman Utama, W. W., Dhieni, N., & Sumantri, M. S. (2022). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Pengembangan Diri Guru PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 352–360. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1641

Issue

Section

Articles