IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 1 CIBANGKONG
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i2.1146Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Cibangkong Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru mengimplementasikan media video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 1 Cibangkong. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV dalam proses mengimplementasikan media video sebagian besar siswa antusias saat pembelajaran jarak jauh dilakukan oleh guru dengan mengimplementasikan media video pembelajaran matematika . Penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian triangulasi dilakukan peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa mengimplementasikan media video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 1 Cibangkong dapat membantu untuk proses pembelajaran siswa. Pelaksanaan implementasi media video pembelajaran matematika sudah berjalan dengan baik sehingga sebagian besar siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh. Mengimplementasikan media video untuk pembelajaran matematika di kelas IV dilakukan oleh guru kelas sendiri dengan cara video dibagikan oleh guru, guru memberi petunjuk untuk menggunakan video, setelah itu guru meminta siswa untuk menyimak video dan mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan isi materi dari video, kemudian yang terakhir adanya pemberian tugas. Adanya implementasi media video sebagai fasilitas untuk proses pembelajaran. Meskipun pada saat mengimplementasikan media video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 1 Cibangkong tidak lepas dari beberapa faktor pendukung dan penghambat.
Â
Kata Kunci: Implementasi, Media video, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Agustin, E., Darmawani, E., & Kons, M. P. (2019). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMAIN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B DI SPS. 2(2).
Ahmad, I. F. (2020). Assesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195-22. https://doi.org/10.33650/pip.v7i1.1136
Amalia, W. (2018). Jurnal Silogisme BASED ON ICT IN MATHEMATICAL LEARNING PROCESS IN. 3(3), 128–133.
Aqib, Zainal. (2017) . Model-model media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif).Bandung : Yrama Widya.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Chaelani1, I., Febrianta2, Y., & Arifin Muslim3. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL JAWA TENGAH UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. 2, 155–163.
Daryanto & K. Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Daerah Istimewa Yogyakarta: Gava Media.
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157
Farida, N. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, 1(1), 32. http://ejournal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., & Fardani, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.
Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.
Ismail Nurdin, Hartati Sri. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : [email protected].
Lalian, O. N. (2018). The effects of using video media in mathematics learning on students’ cognitive and affective aspects. AIP Conference Proceedings, 2019(October 2018). https://doi.org/10.1063/1.5061864
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.
Muhammad Syarif Sumantri, E. U. (2019). Jurnal basicedu. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN, 3, 1–6. https://www.adminsekolah.com/2020/08/materi-dan-soal-pecahan-kelas-4-sd.html
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Ogbonnaya, U. I., Awoniyi, F. C., & Matabane, M. E. (2020). Move to online learning during covid-19 lockdown: Pre-service teachers’ experiences in ghana. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(10), 286–303. https://doi.org/10.26803/IJLTER.19.10.16
Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). ANALISIS AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN BERBASIS DARING ( MELALUI APLIKASI WHATSAPP ) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA. 5.
Pemerintah Indonesia. 2003 . Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretaris Negara Republik Indonesia. Jakarta.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.
R.Muhammad. (2012). media dan teknologi pembelajaran. In Media dan Teknologi Pembelajaran.
Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Sabaniah, S., Ramdhan,D. F ., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru Dalam dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid – 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43-54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i177
Salim, Syahrum. (2012). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Citapustaka Media
Sri, I. N. dan H. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). pengembangan media pembelajaran. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf.
Suyanto., Jihad.A. (2013). MENJADI GURU PROFESIONAL. Ciracas, Jakarta : Erlangga.
Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O., & Nunamaker, J. F. (2006). Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information and Management, 43(1), 15–27. https://doi.org/10.1016/j.im.2005.01.004
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)