IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 1 CIBANGKONG

Authors

  • Maulani Eka Aristiya Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Arifin Muslim Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v4i2.1146

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Cibangkong Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  cara guru mengimplementasikan media video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 1 Cibangkong. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV dalam proses mengimplementasikan media video sebagian besar siswa antusias saat pembelajaran jarak jauh dilakukan oleh guru dengan mengimplementasikan media video pembelajaran matematika . Penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian triangulasi dilakukan peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa mengimplementasikan media video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 1 Cibangkong dapat membantu untuk proses pembelajaran siswa. Pelaksanaan implementasi media video pembelajaran matematika sudah berjalan dengan baik sehingga sebagian besar siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh. Mengimplementasikan media video untuk pembelajaran matematika di kelas IV dilakukan oleh guru kelas sendiri dengan cara video dibagikan oleh guru, guru memberi petunjuk untuk menggunakan video, setelah itu guru meminta siswa untuk menyimak video dan mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan isi materi dari video, kemudian yang terakhir adanya pemberian tugas. Adanya implementasi media video sebagai fasilitas untuk proses pembelajaran. Meskipun pada saat mengimplementasikan media video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 1 Cibangkong tidak lepas dari beberapa faktor pendukung dan penghambat.

 

Kata Kunci: Implementasi, Media video, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Agustin, E., Darmawani, E., & Kons, M. P. (2019). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMAIN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B DI SPS. 2(2).

Ahmad, I. F. (2020). Assesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195-22. https://doi.org/10.33650/pip.v7i1.1136

Amalia, W. (2018). Jurnal Silogisme BASED ON ICT IN MATHEMATICAL LEARNING PROCESS IN. 3(3), 128–133.

Aqib, Zainal. (2017) . Model-model media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif).Bandung : Yrama Widya.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Chaelani1, I., Febrianta2, Y., & Arifin Muslim3. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL JAWA TENGAH UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. 2, 155–163.

Daryanto & K. Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Daerah Istimewa Yogyakarta: Gava Media.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157

Farida, N. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, 1(1), 32. http://ejournal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., & Fardani, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.

Ismail Nurdin, Hartati Sri. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : penerbitmsc@gmail.com.

Lalian, O. N. (2018). The effects of using video media in mathematics learning on students’ cognitive and affective aspects. AIP Conference Proceedings, 2019(October 2018). https://doi.org/10.1063/1.5061864

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Muhammad Syarif Sumantri, E. U. (2019). Jurnal basicedu. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN, 3, 1–6. https://www.adminsekolah.com/2020/08/materi-dan-soal-pecahan-kelas-4-sd.html

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Ogbonnaya, U. I., Awoniyi, F. C., & Matabane, M. E. (2020). Move to online learning during covid-19 lockdown: Pre-service teachers’ experiences in ghana. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(10), 286–303. https://doi.org/10.26803/IJLTER.19.10.16

Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). ANALISIS AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN BERBASIS DARING ( MELALUI APLIKASI WHATSAPP ) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA. 5.

Pemerintah Indonesia. 2003 . Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretaris Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

R.Muhammad. (2012). media dan teknologi pembelajaran. In Media dan Teknologi Pembelajaran.

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Sabaniah, S., Ramdhan,D. F ., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru Dalam dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid – 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43-54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i177

Salim, Syahrum. (2012). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Citapustaka Media

Sri, I. N. dan H. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). pengembangan media pembelajaran. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf.

Suyanto., Jihad.A. (2013). MENJADI GURU PROFESIONAL. Ciracas, Jakarta : Erlangga.

Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O., & Nunamaker, J. F. (2006). Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information and Management, 43(1), 15–27. https://doi.org/10.1016/j.im.2005.01.004

Published

2021-09-27

Issue

Section

Articles