Peer-Review Proses
Kebijakan review untuk Journal of Primary and Children's Education
- Setiap artikel yang masuk akan diterima dan diperiksa oleh Editor in Chief. Artikel yang scope dan format penulisannya masih tidak sesuai dengan kriteria jurnal ini, maka akan ditolak tanpa masuk lebih lanjut pada proses manajemen review.
- Artikel yang sudah sesuai dengan kriteria jurnal akan diteruskan pada Section Editor untuk di proses lebih lanjut.
- Editor Section akan menugaskan minimal dua reviewer tiap artikel, dengan kemungkinan langsung diterima/ diterima dengan sedikit revisi/ diterima dengan banyak revisi/ ditolak. Reviewer ketiga akan ditugaskan ketika terjadi kemungkinan diantara kedua reviewer memiliki keputusan yang berbeda.
- Proses Review menggunakan Double Blind Peer Review, artinya reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis pun tidak mengetahui identitas reviewer.
- Dalam proses review, reviewer melakukan kajian dan memberi pertimbangan terkait dengan kesesuaian antara judul, abstrak, metode, pembahasan (hasil temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga memberi pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah, teori referensi kekinian, dan hasil temuan.
- Hasil review dari kedua reviewer diterima oleh Section Editor untuk dikaji dan disampaikan kepada penulis, sebagai pertimbangan dan masukan untuk perbaikan.
- Penulis merevisi artikel sesuai dengan masukan dan saran dari kedua reviewer. Setelah selesai, penulis menyerahkan kembali hasil revisi artikel pada Section Editor.
- Section Editor menerima artikel hasil revisi untuk diperiksa similaritas atau unsur-unsur plagiasi dengan menggunakan Turnitin.
- Jika hasil similaritas masih cukup besar, artikel dikembalikan kepada penulis untuk direvisi kembali. Setelah selesai, penulis menyerahkan kembali hasil revisi artikel pada Section Editor.
- Editor Section memeriksa benar tidaknya revisi yang dilakukan oleh penulis. Jikalau sudah benar, Section Editor memberikan keputusan final apakah artikel diterima atau ditolak, berdasarkan perbaikan substansi dan manajemen artikel yang telah sesuai dengan kriteria artikel Journal of Primary and Children's Education.
- Editor in Chief bersama dengan Assistant Editor memproses artikel-artikel yang diterima untuk dilanjutkan ke tahap proses editing dan publishing.
- Journal of Primary and Children's Education tidak akan menggaransi atau menjanjikan keberterimaan suatu artikel atau proses review yang sangat singat kepada siapapun. Setiap artikel yang masuk, wajib mengikuti proses manajemen penerbitan artikel, dari mulai submit artikel sampai dengan artikel tersebut di publish.
- Seluruh proses manajemen penerbitan artikel dilaksanakan secara penuh berbasis OJS.