ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Authors

  • Bunga Adella Fazar Safitri Ngudi Waluyo University
  • Ela Suryani Ngudi Waluyo University

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v4i2.1188

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam menanamkan pemahaman konsep pada siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 14 siswa dan 14 orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peran orang tua siswa pada kategori M sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator berjalan dengan baik sehingga pemahaman konsep yang dicapai siswa juga baik. 2) peran orang tua siswa pada kategori KP-1 sebagai pembimbing, berjalan dengan baik, tetapi siswa kurang bisa memahami konsep, sehingga hasil yang dicapai siswa kurang maksimal. 3) peran orang tua siswa sebagai pembimbing pada kategori KP-2 berjalan dengan baik tetapi siswa salah konsep, sehingga hasil yang dicapai kurang maksimal. 4) peran orang tua sebagai fasilitator pada kategori TM-1 berjalan dengan baik, karena orang tua menyediakan peralatan yang dibutuhkan siswa. 5) peran orang tua sebagai fasilitator pada kategori TM-2 berjalan dengan baik, orang tua menyediakan perlengkapan sekolah untuk siswa. 6) peran orang tua sebagai motivator pada kategori MP-1 sudah berjalan dengan baik, tetapi hasil yang dicapai siswa kurang maksimal. 7) peran orang tua sebagai pembimbing dan motivator pada kategori TM-3 sama sekali tidak maksimal, sehingga hasil yang dicapai siswa tidak maksimal. 

References

Aristiyani, Y. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Dan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model CLIS Pada Pembelajaran IPA Siswa SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 64-71.

Bogdan dan Taylor, 2010 J. Moleong, Lexy. 1989.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Cahapay, Michael B. (2020). "How Filipino parents home educate their children with autism during COVID-19 period." International Journal of Developmental Disabilities : 1-4.

Cahyati, N and Kusumah, R. (2020). "Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19." Jurnal Golden Age 4.01 : 152-159.

Ceka, A., & Murati, R. (2016). The Role of Parents in the Education of Children. Journal of Education and Practice, 7(5), 61-64.

Grolnick, Wendy S., and Maria L. Slowiaczek. (2010). "Parents' involvement in children's schooling: A multidimensional conceptualization and motivational model." Child development 65.1 : 237-252.

Grolnick, Wendy S., and Maria L. Slowiaczek. (2010). "Parents' involvement in children's schooling: A multidimensional conceptualization and motivational model." Child development 65.1 : 237-252. Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2016). Penerapan Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(1).

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2016). Penerapan Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(1).

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81.

Karunia, E. P. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar dalam Model Knisley (Doctoral dissertation, Universitas Negeri semarang).

Kurniati, dkk. (2020). "Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 : 241-256.

Lilawati, A. (2020). "Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 : 549-558.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16..

Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37-41.Rahmawati, dkk. (2014). Pengaruh Mind Mapping Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 123-138.

Rumbewas, dkk. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 2(2), 201-212.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryani, E. (2018). Profil Kesalahan Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Suryani, E. S., Rusilowati, A., & Wardono, W. (2016). Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of Primary Education, 5(1), 56-65.

Widodo, A. (2006). Taksonomi bloom dan pengembangan butir soal. Buletin Puspendik, 3(2), 18-29.

Published

2021-09-27

Issue

Section

Articles