ANALISIS KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV

Authors

  • Fahri Tio Ramadhan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dyah Lyesmaya Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v4i2.1191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi video pahlawan Jendral Sudirman di kelas 4 sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena mendalami keterampilan menceritakan kembali mengkaji permasalahan yang dibuat sebelum penulisan tetapi mengolah data dan mengalisis suatu masalah secara non numerik, pada pelaksanaanya menggunakan pedoman angket dan dokumentasi untuk melihat proses pembelajaran secara daring. Subjek penelitian menggunakan Quota sampling untuk pemilihan subjek pada penulisan ini, karena subjek yang diteliti adalah perorangan yang sudah ditentukan sesuai dengan kuota kelas yaitu kelas IV.2 sekolah dasar dan tidak meneliti banyak subjek untuk diteliti karena keterbatasan waktu penulisan. Hasil penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana keterampilan menveritakan kembali di kelas IV.2 berdasarkan indikator kelancaran mendapatkan persentase 53% dengan kategori skor baik. Pada indikator unsur cerita mendapatkan persentase 53% dengan kategori skor baik. Selanjutnya pada indikator bahasa lisan mendapatkan persentase 53%  dengan kategori skor baik. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan menceritakan kembali dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi video pahlawan  Jendral Sudirman   saat  pembelajaran secara daring dapat dikatakan baik.

References

Djadjuri, D., Saepuloh, L., & Rizal, S. U. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran : Jilid 2 Pembelajaran. CV. Nurani.

Heriansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I(1), 116–127.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT RajaGrafindo Persada.

Published

2021-09-27

Issue

Section

Articles