ANALISIS KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i2.1191Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi video pahlawan Jendral Sudirman di kelas 4 sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena mendalami keterampilan menceritakan kembali mengkaji permasalahan yang dibuat sebelum penulisan tetapi mengolah data dan mengalisis suatu masalah secara non numerik, pada pelaksanaanya menggunakan pedoman angket dan dokumentasi untuk melihat proses pembelajaran secara daring. Subjek penelitian menggunakan Quota sampling untuk pemilihan subjek pada penulisan ini, karena subjek yang diteliti adalah perorangan yang sudah ditentukan sesuai dengan kuota kelas yaitu kelas IV.2 sekolah dasar dan tidak meneliti banyak subjek untuk diteliti karena keterbatasan waktu penulisan. Hasil penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana keterampilan menveritakan kembali di kelas IV.2 berdasarkan indikator kelancaran mendapatkan persentase 53% dengan kategori skor baik. Pada indikator unsur cerita mendapatkan persentase 53% dengan kategori skor baik. Selanjutnya pada indikator bahasa lisan mendapatkan persentase 53% dengan kategori skor baik. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan menceritakan kembali dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi video pahlawan Jendral Sudirman  saat pembelajaran secara daring dapat dikatakan baik.
References
Djadjuri, D., Saepuloh, L., & Rizal, S. U. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran : Jilid 2 Pembelajaran. CV. Nurani.
Heriansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I(1), 116–127.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT RajaGrafindo Persada.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)