PISA Untuk Siswa Indonesia

Authors

  • Anni Malihatul Hawa Universitas Ngudi Waluyo
  • Lisa Virdinarti Putra Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika bertipe PISA yakni dari level 1 hingga level 6. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan tes. Variabel dari penelitian ini yaitu kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika bertipe PISA. Penelitian ini merupakan pengembangan penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ungaran dalam waktu 9 bulan. Dengan sumber data adalah siswa-siswi kelas IXC dengan jumlah 35 siswa. Temuan dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam penguasaan konten, proses dan konteks hanya masih pada level 3 saja terlihat peningkatan yang siknifikan yakni dari pertemuan 1 level I 78%, level II 53%, level III 35%, hingga terlihat pada peningkatan  pertemuan ke 4 yakni level I 95%, level II 80%, level III 78%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe PISA dapat meningkat jika dilakukan tes secara berkala dengan meminimalisir segala faktor-faktor penghambat siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe PISA.

Author Biography

Anni Malihatul Hawa, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Eivers, E. (2010). “PISA: Issues In Implementation And Interpretationâ€. The Irish Journal of Education, xxxviii, pp.94-118.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Iskandar (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: PT Gaung Persada Press.

Marpaung, Y., dkk (1995). Peningkatan Efektivitas Pengajaran Matematika GuruKelas I dan II Dua Sekolah Dasar di Yogyakarta, Lap. Penelitian (research report). Yogyakarta: Univ. Sanata Dharma.

OECD (2000). Programme from International Student Assessment: Sample Tasks from PISA 2000 Assesment of Reading, Mathematics and Scientific Literacy.

Puspendik Balitbang Kemendikbud (2012). Survei International Pisa.

Shield, G. At al (2007). PISA Mathematics: A Teacher’s Guide. Dublin: Stationery Office.

Sri, I., dkk (2013). “Investigating Secondary School Students’ Difficulties in Modeling Problems PISA-Model Level 5 And 6â€. IndoMS. J.M.E. Vol. 4 No. 1, pp. 41-58.

Stacey, K. (2012). “The International Assessment Of Mathematical Literacy: PISA 2012 Framework And Itemsâ€. Journal 12th International Congress on Mathematical Education. Vol. 12 No. 2, pp.1-17.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset.

Sugiyono (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wilkens, H. J. (2011). “Textbook Approval systems and the Program for International Assesment (PISA) Result: A Preliminary Analysisâ€. IARTEM e-Journal, Volume 4 No 2.

Wu, M. (2011). “Using PISA and TIMMS Mathematics Assesments to Identify the Relative Strengths of Student In Western and Asian Countriesâ€. Journal of Research in Education Sciences, 2011, 56(1), 67-89.

Zulkardi (2002). “Developing a Learning Envorinment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Students Teachersâ€. Thesis. University of Twente. Enschede: Printpartners Ipskamp

Published

2018-07-30

Issue

Section

Articles