Penerapan Pembelajaran Konflik Kognitif dalam Menurunkan Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD N Wujil 01 Tahun Ajaran 2018/2019)

Authors

  • Ela Suryani Universitas Ngudi Waluyo
  • Anni Malihatul Hawa

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu keefektifan pembelajaran konflik kognitif dalam menurunkan miskonsepsi IPA siswa SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konflik kognitif dapat menurunkan miskonsepsi siswa konsep sifat-sifat cahaya sehingga pemahaman konsep siswa meningkat dan ketidaktahuan konsep menurun. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang memahami konsep dengan benar (P-1) sebesar 22.42% menjadi 60.50%; memahami konsep tapi tidak yakin (P-2) sebesar 10.51% menjadi 8.25%; miskonsepsi (M) sebesar 41.28% menjadi 17,76%; dan tidak paham konsep (TP) sebesar 25.79% menjadi 13.49%. Selain itu, ketuntasan belajar klasikal mencapai 63%.

Author Biography

Ela Suryani, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Ngudi Waluyo

References

Askar, P & Toka Y. 2002. The Effect of Cognitive Conflict and Conceptual Change Text on Students’ Achievement Related to First Degree Equations with One Unknown. Hacettepe Universitesi Egitim Fakultesi Dergisi, 23(211-217)

Beerenwinkel, A., Parchmann, I., & Grasel, C. 2011. “Conceptual Change Text in Chemistry Teaching : A Study on the Particle Model of Matterâ€. International Journal of Science and Mathematics Education. 9(5) : 1235-1259

Calik, M., Kolomuc, A. & Karagolge, Z. 2010. “The Effect of Conceptual Change Pedagogy on Students Conceptions of Rate of Reactionâ€. Journal Science Education Technology. 19(5) : 422-433

Cetin, P., S., Kaya, E., & Geban. O. 2009. “Facilitating Conceptual Change in Gases Conceptsâ€. Journal Science Education Technology.18(2) : 130-137

Hobson, S., M., Trundle, K., C., & Sackes, M. 2010. “Using a Planetarium Software Program to Promote Conceptual Change with Young Childrenâ€. Journal Science Education Technology. 19(2) : 165-176

Huda, M. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Khasanah, N. 2010. “Penggunaan Pendekatan Konflik Kognitif untuk Remidiasi Miskonsepsi Pembelajaran Usaha dan Energi (Studi Kasus di MAN I Madiun pada Kelas XI IPA Semester I Tahun Ajaran 2008/2009)â€. Tesis.Surakarta : Universitas Negeri Surakarta

Lee, G. & Byun T. 2012. “An Explanation for the Difficulty of Leading Conceptual Change Using a Counterintuitive Demonstration : The Relationship Between Cognitive Conflict and Responsesâ€. Research in Science Education. 42(5) : 943-965

Lombardi, D. , Sinatra, G., M., & Nussbaum, E., M. 2013. “Plausibility Reapraisals and Shifts in Middle School Students’ Climate Change Conceptionsâ€. Learning and Instruction. 27 : 50-62

Pujayanto, Budiharti, R., Waskita, S., & Raharjo, T. 2009. “Profil Miskonsepsi Siswa SD pada Konsep Cahaya dan Gayaâ€. Makalah. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Surakarta. Surakarta, 18 Juli 2009

Potvin, P., Mercier, J., Charland, P., & Riopel, M. 2012. “Does Classroom Explicitation of Initial Conceptions Favour Conceptual Change or is it Counter-Productive?â€. Reseach in Science Education. 42(3) : 401-414

Sugiyanta. 2008. Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika. Yogyakarta : LPMP DIY

Suniati, N., M., S., Sadia, W., & Suhandana, A. 2103. “Pengaruh Implementasi Pembelajaran Konstekstual Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Penurunan Miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amlapura)â€. E-journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Suparno,P. 2013. Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Yogyakarta : PT. Gramedia Widia Sarana

Suryani, E. Rusilowati, A., & Wardono. 2016. Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of Primary Education. 5 (1): 56-65.

Published

2019-01-14

How to Cite

Suryani, E., & Hawa, A. M. (2019). Penerapan Pembelajaran Konflik Kognitif dalam Menurunkan Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD N Wujil 01 Tahun Ajaran 2018/2019). JANACITTA, 1(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.130

Issue

Section

Articles