Penerapan Pembelajaran Konflik Kognitif dalam Menurunkan Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD N Wujil 01 Tahun Ajaran 2018/2019)
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.130Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu keefektifan pembelajaran konflik kognitif dalam menurunkan miskonsepsi IPA siswa SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konflik kognitif dapat menurunkan miskonsepsi siswa konsep sifat-sifat cahaya sehingga pemahaman konsep siswa meningkat dan ketidaktahuan konsep menurun. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang memahami konsep dengan benar (P-1) sebesar 22.42% menjadi 60.50%; memahami konsep tapi tidak yakin (P-2) sebesar 10.51% menjadi 8.25%; miskonsepsi (M) sebesar 41.28% menjadi 17,76%; dan tidak paham konsep (TP) sebesar 25.79% menjadi 13.49%. Selain itu, ketuntasan belajar klasikal mencapai 63%.
References
Askar, P & Toka Y. 2002. The Effect of Cognitive Conflict and Conceptual Change Text on Students’ Achievement Related to First Degree Equations with One Unknown. Hacettepe Universitesi Egitim Fakultesi Dergisi, 23(211-217)
Beerenwinkel, A., Parchmann, I., & Grasel, C. 2011. “Conceptual Change Text in Chemistry Teaching : A Study on the Particle Model of Matterâ€. International Journal of Science and Mathematics Education. 9(5) : 1235-1259
Calik, M., Kolomuc, A. & Karagolge, Z. 2010. “The Effect of Conceptual Change Pedagogy on Students Conceptions of Rate of Reactionâ€. Journal Science Education Technology. 19(5) : 422-433
Cetin, P., S., Kaya, E., & Geban. O. 2009. “Facilitating Conceptual Change in Gases Conceptsâ€. Journal Science Education Technology.18(2) : 130-137
Hobson, S., M., Trundle, K., C., & Sackes, M. 2010. “Using a Planetarium Software Program to Promote Conceptual Change with Young Childrenâ€. Journal Science Education Technology. 19(2) : 165-176
Huda, M. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Khasanah, N. 2010. “Penggunaan Pendekatan Konflik Kognitif untuk Remidiasi Miskonsepsi Pembelajaran Usaha dan Energi (Studi Kasus di MAN I Madiun pada Kelas XI IPA Semester I Tahun Ajaran 2008/2009)â€. Tesis.Surakarta : Universitas Negeri Surakarta
Lee, G. & Byun T. 2012. “An Explanation for the Difficulty of Leading Conceptual Change Using a Counterintuitive Demonstration : The Relationship Between Cognitive Conflict and Responsesâ€. Research in Science Education. 42(5) : 943-965
Lombardi, D. , Sinatra, G., M., & Nussbaum, E., M. 2013. “Plausibility Reapraisals and Shifts in Middle School Students’ Climate Change Conceptionsâ€. Learning and Instruction. 27 : 50-62
Pujayanto, Budiharti, R., Waskita, S., & Raharjo, T. 2009. “Profil Miskonsepsi Siswa SD pada Konsep Cahaya dan Gayaâ€. Makalah. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Surakarta. Surakarta, 18 Juli 2009
Potvin, P., Mercier, J., Charland, P., & Riopel, M. 2012. “Does Classroom Explicitation of Initial Conceptions Favour Conceptual Change or is it Counter-Productive?â€. Reseach in Science Education. 42(3) : 401-414
Sugiyanta. 2008. Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika. Yogyakarta : LPMP DIY
Suniati, N., M., S., Sadia, W., & Suhandana, A. 2103. “Pengaruh Implementasi Pembelajaran Konstekstual Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Penurunan Miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amlapura)â€. E-journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Suparno,P. 2013. Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Yogyakarta : PT. Gramedia Widia Sarana
Suryani, E. Rusilowati, A., & Wardono. 2016. Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of Primary Education. 5 (1): 56-65.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)