PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN METODE SMART GAME DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATERI NAMA-NAMA DAN TUGAS-TUGAS MALAIKAT ALLAH KELAS IV B SDN 01 KEBONDALEM PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.15Abstract
Abstrak: Rumusan masalah penelitian Apakah penggunaan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV B tahun pelajaran 2013/2014 dengan rincian 22 orang laki-laki dan 26 orang perempuan pada pokok bahasan nama-nama dan tugas-tugas Malaikat Allah. Terjadi peningkatan rata-rata nilai dari 71,8 dan ketuntasan belajar mencapai 37,5% pada siklus I menjadi 76,25 dan ketuntasan belajar mencapai 60,41% pada siklus II dan 80,41 dan ketuntasan belajar mencapai 79,16% pada siklus III, diiringi dengan perubahan perilaku yang lebih baik.
References
DAFTAR PUSTAKA
Anwar Holil, Model Pembelajaran Kooperatif, www.anwarholil.blogspot.com, didownload pada 26 Januari 2009
Ariany Syurfah, 2007, Multipple Intelligences for Islamic Teaching, Bandung : Syamil Publishing
Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP
Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Sandar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : bp Pustaka Candra
Departemen Pendidikan Nasional, Konsep PAKEM, www.akhmadsudrajat.Wordpress.com , didownload pada 20 Desember 2008.
Ina Karlina, S.Pd, Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Sebagai Salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa, www.google.co.id, didownload pada 26 Januari 2009
M. Quraish Shihab, Lentera Hati, Bandung; Mizan, 1996, Cet. VI, h.
Masoffa, Perbedaan Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Konvensional,www.masoffa.wordpress.com, didownload pada 26 Januari 2009
Maulia D. Kembara, M. Pd, Panduan Lengkap Home Schooling, Bandung: Proggressio, 2007, h. 18
Rahmat Aziz, M.Si, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dan Kompetitif dalam Mengembangkan Kreatifitas, www.azirahma.blogspot.com, didownload pada 26 Januari 2009
Slavin, Robert E, Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik, Terj : Nurulita, Bandung: Nusa media, 2008, Cet. III
Suharsimi Arikunto, Prof., Suhardjono, Prof., Supardi, Prof., 2008, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta: Bumi Aksara, Cet. VI
Tarmizi,Pembelajaran Kooperatif “Make aMatchâ€, www.tarmizi.wordpress.com,
didownload pada 26 Januari 2009
Tim Ipotes, Metode Pembelajaran Kooperatif, www.ipotes.wordpress.com, didownload pada 26 Januari 2009
Tim Learning With Me, Pembelajaran, www.learning-with me.blogspot.com,
didownload pada 26 Januari 2009
Yudha Kurniawan, SP, Smart Games for Kids, Jakarta : Wahyu media, 2008, Cet. II
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)