PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN METODE SMART GAME DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATERI NAMA-NAMA DAN TUGAS-TUGAS MALAIKAT ALLAH KELAS IV B SDN 01 KEBONDALEM PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Authors

  • Faizin Faizin SDN 01 Kebondalem

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.15

Abstract

Abstrak: Rumusan masalah penelitian Apakah penggunaan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV B tahun pelajaran 2013/2014 dengan rincian 22 orang laki-laki dan 26 orang perempuan pada pokok bahasan nama-nama dan tugas-tugas Malaikat Allah. Terjadi peningkatan rata-rata nilai dari 71,8 dan ketuntasan belajar mencapai 37,5% pada siklus I menjadi 76,25 dan ketuntasan belajar mencapai 60,41% pada siklus II dan 80,41 dan ketuntasan belajar mencapai 79,16% pada siklus III, diiringi dengan perubahan perilaku yang lebih baik.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anwar Holil, Model Pembelajaran Kooperatif, www.anwarholil.blogspot.com, didownload pada 26 Januari 2009

Ariany Syurfah, 2007, Multipple Intelligences for Islamic Teaching, Bandung : Syamil Publishing

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP

Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Sandar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : bp Pustaka Candra

Departemen Pendidikan Nasional, Konsep PAKEM, www.akhmadsudrajat.Wordpress.com , didownload pada 20 Desember 2008.

Ina Karlina, S.Pd, Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Sebagai Salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa, www.google.co.id, didownload pada 26 Januari 2009

M. Quraish Shihab, Lentera Hati, Bandung; Mizan, 1996, Cet. VI, h.

Masoffa, Perbedaan Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Konvensional,www.masoffa.wordpress.com, didownload pada 26 Januari 2009

Maulia D. Kembara, M. Pd, Panduan Lengkap Home Schooling, Bandung: Proggressio, 2007, h. 18

Rahmat Aziz, M.Si, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dan Kompetitif dalam Mengembangkan Kreatifitas, www.azirahma.blogspot.com, didownload pada 26 Januari 2009

Slavin, Robert E, Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik, Terj : Nurulita, Bandung: Nusa media, 2008, Cet. III

Suharsimi Arikunto, Prof., Suhardjono, Prof., Supardi, Prof., 2008, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta: Bumi Aksara, Cet. VI

Tarmizi,Pembelajaran Kooperatif “Make aMatchâ€, www.tarmizi.wordpress.com,

didownload pada 26 Januari 2009

Tim Ipotes, Metode Pembelajaran Kooperatif, www.ipotes.wordpress.com, didownload pada 26 Januari 2009

Tim Learning With Me, Pembelajaran, www.learning-with me.blogspot.com,

didownload pada 26 Januari 2009

Yudha Kurniawan, SP, Smart Games for Kids, Jakarta : Wahyu media, 2008, Cet. II

Published

2018-07-30

How to Cite

Faizin, F. (2018). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN METODE SMART GAME DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATERI NAMA-NAMA DAN TUGAS-TUGAS MALAIKAT ALLAH KELAS IV B SDN 01 KEBONDALEM PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. JANACITTA, 1(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.15

Issue

Section

Articles