SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENERAPAN METODE RESITASI BERPENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Authors

  • Hesti Yunitiara Rizqi Universitas Ngudi Waluyo
  • Anni Malihatul Hawa Universitas Ngudi Waluyo
  • Lisa Virdinarti Putra Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v5i1.1542

Abstract

Learning using the recitation method with an open-ended approach in this study is when the task is carried out outside the classroom so that students can construct their own knowledge and emphasize the process of how students can solve problems to the stage of an answer, not only focusing on the final result. This study aims to determine the effectiveness of the open-ended recitation method in improving learning outcomes and  students' mathematical communication skills. This study uses a systematic literature review or also knownas a literature review. The method used for data collection techniques is to conduct a study to identify, assess, evaluate, and interpret research, literature books, and available reports. The journal articles collected are 25 journal articles published in the 2017-2021 time range. From various journal articles, the researcher collected journal articles related to the keywords in this study. Based on this research, it was found that the open-ended recitation method was not only able to improve mathematics learning outcomes but also to improve many mathematical abilities, especially students' mathematical communication skills.

References

Adha, I., & Refianti, R. (2018). Missauri Mathematics Project Berbasis Soal Open Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 135-143.

Agustina, H. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Matematika Melalui Metode Resitasi. Suara Guru, 4(2), 675-682.

Alawiyah, S. A. (2021). Metode Resitasi dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Teks Editorial di Masa Pandemi Covid 19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 29-41.

Aritonang, E. (2021). Meningkatkan Hasil Belaar Siswa Melalui Model Pembelajaran Resitasi. Jurnal Mathematic Paedagogic, 6(1), 39-44.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Gulo, Y. C. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Resitasi pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Teknologi Pilar Bangsa Tangerang. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 53-60.

Handayani, I. (2018). Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 1(2), 24-32.

Harefa, D. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi dan Kerja Kelompok. Jurnal Global Edukasi, 4(5), 271-278.

Helfi, D. (2021). Penggunaan Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Pembangunan UNP Padang Tahun Pelajaran 2005/2006. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 323-328.

Indriano, V., & Irmayanti, N. A. H. (2019). Pengaruh Metode Resitasi Dengan Menggunakan Lembar Aktivitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Berkala Mahasiswa, 1(1), 20-25.

Ismatullah, K. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi dalam Pembelajaran Matematika Dasar. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 24-28.

Kadarisma, G. (2018). Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 77-81.

Karjanto, H. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Integral Tak Tentu Melalui Metode Resitasi. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(1), 1-6.

Khasanah, L. F. U., & Fuadiah, N. F. (2019). Penerapan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 81-92.

Maryani, N., Marlina, N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK Kelas X Melalui Pendekatan Open Ended Pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 21-27.

Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan e-modul matematika berbasis Open Ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.

Nopitasari, D. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Terhadap Soal-Soal Open Ended. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 195-202.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Pramesti, A. A., & Rini, J. (2021). Studi Perbandingan Metode Resitasi Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 15-24.

Purba, G. I. D., Surya, E., Manullang, M. & Asmin. (2018). “The Effect of Students’ Worksheet in the Model of Discovery Learning Against the Students’ Ability of Reasoning and Mathematical Communication in the Faculty of Mathematics and Natural Science of State University of Medanâ€. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 37(3), 70-82.

Rahayu, R. (2021). Penerapan Metode Resitasi dan Penggunaan Media TIMDES Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membandingkan Berat Benda Bagi Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 81-88.

Rahmah, M. A., & Rohaendi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Pendekatan Open Ended. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), 86-91.

Raja, A., Ahmad, M., & Lubis, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Sibabangun. JURNAL MATHEDU (Mathematic Education Journal), 3(3), 9-14.

Rijanto, M. L. E. J., & Kamandawi, T. (2021). Metode Resitasi Dan Discovery Learning Pada Kemampuan Pemahaman Geometris Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 601-608.

Sabar, M. N. (2017). Effectiveness of Problem Based Learning Model (PBL) Setting Open Ended Approach in Mathematics Learning. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(3), 418-429.

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644-2652.

Soponyono, A. E., Sinaga, K., & Seleky, J. S. (2018). Perbandingan Penerapan Metode Drill Dan Resitasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas XI IPA Di Sma Abc Cikarang [A Comparison Of The Implementation Of Drill And Recitation Methods Toward Grade 11 Science Students’cognitive Achievement At A High School In Cikarang]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 81-92.

Suciawati, H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pangkat Dua Dengan Model Pembelajaran Open-Ended. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(2), 153-162.

Widayanti, E., & Anggraeni, S. A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Da-Lam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(02), 115-128.

Yudhi, P. (2017). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Padangpanjang. Menara Ilmu, 11(75).

Zaenab, Z., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP pada Materi SPLDV Dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 703-708.

Zaenal Mustakim. (2017). Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.

Published

2022-03-18

Issue

Section

Articles