PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI WUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 KEBONDALEM KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.16Abstract
Abstrak: Rumusan masalah penelitian Apakah penggunaan bahwa penggunaan metode demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Wudhu. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas II B tahun pelajaran 2014/2015 dengan rincian 21 orang laki-laki dan 23 orang perempuan pada pokok bahasan wudhu. Terjadi peningkatan rata-rata nilai dari pra siklus, siklus I, siklus II sampai siklus III terdapat peningkatan nilai prestasi belajar peserta didik pada materi Wudhu kelas II SDN Kebondalem 01. Kondisi awal sebelum perbaikan rata-rata mencapai 54,0, siklus I rata-rata meningkat 71,8, lalu siklus II meningkat lagi mencapai 77,4 dan siklus III meningkat lagi mencapai 80,5 dari skor KKM 75, diiringi dengan perubahan perilaku yang lebih baik.
References
Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arifin, Zaenal. 2000. Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahreisj, Salim. 1986. Cetakan ke 9 Tarjamah Riadhus Shalihin. Bandung: PT. Alma’arif.
Burhanudin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas.2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Djamarah, Syaiful Bahri. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Poerwardarminta. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional Edisi III Cet 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Rifa’i, NH. 2002. Bimbingan Ibadah. Jombang: Lintas Media
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sabiq. 2006. Fiqh Sunah. Jakarta: Pundi Aksara.
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung: Rineka Cipta.
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Syah, Muhaibin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Tohirin. 2008. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)