PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI WUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 KEBONDALEM KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN

Authors

  • Faizin Faizin SDN 01 Kebondalem

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.16

Abstract

Abstrak: Rumusan masalah penelitian Apakah penggunaan bahwa penggunaan metode demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Wudhu. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas II B tahun pelajaran 2014/2015 dengan rincian 21 orang laki-laki dan 23 orang perempuan pada pokok bahasan wudhu. Terjadi peningkatan rata-rata nilai dari pra siklus, siklus I, siklus II sampai siklus III terdapat peningkatan nilai prestasi belajar peserta didik pada materi Wudhu kelas II SDN Kebondalem 01. Kondisi awal sebelum perbaikan rata-rata mencapai 54,0, siklus I rata-rata meningkat 71,8, lalu siklus II meningkat lagi mencapai 77,4 dan siklus III meningkat lagi mencapai 80,5 dari skor KKM 75, diiringi dengan perubahan perilaku yang lebih baik.

References

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Zaenal. 2000. Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahreisj, Salim. 1986. Cetakan ke 9 Tarjamah Riadhus Shalihin. Bandung: PT. Alma’arif.

Burhanudin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas.2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Poerwardarminta. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional Edisi III Cet 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Rifa’i, NH. 2002. Bimbingan Ibadah. Jombang: Lintas Media

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sabiq. 2006. Fiqh Sunah. Jakarta: Pundi Aksara.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung: Rineka Cipta.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Syah, Muhaibin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Tohirin. 2008. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Published

2018-07-30

How to Cite

Faizin, F. (2018). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI WUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 KEBONDALEM KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN. JANACITTA, 1(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.16

Issue

Section

Articles