ANALISIS PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI SDN 1 TLOGOTIRTO KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • intan putri wulandari PGRI University Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v5i2.1672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan media apa yang digunakan saat pembelajaran kosa kata dan bagaimana praktik penggunaannya, Mendeskripsikan metode apa yang digunakan saat pembelajaran kosa kata dan bagaimana praktik penggunaannya, Mendeskripsikan apakah media dan metode yang digunakan berhasil membuat siswa paham kosa kata (nilai memenuhi KKM). Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Tlogotirto Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil penelitian Media yang digunakan saat pembelajaran menggunakan flash card dan menyanyikan lagu serta cara penggunaan yang dilakukan oleh guru. Metode yang digunakan saat pembelajaran yaitu Tanya jawab, membaca teks nyaring dan diskusi. Dengan menggunakan media dan metode yang digunakan guru mampu membuat siswa berhasil memahami pembelajaran bahasa inggris khususnya tentang kosa kata dengan nilai memenuhi KKM.

Kata Kunci: Pembelajaran Kosa Kata, Bahasa Inggris, Media dan Metode Pembelajaran

References

Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan model realistic mathematic education berbantu media manipulatif terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi pecahan. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 151-158.

Budiman,M. A., Widyaningrum, A., dkk (2019) Media Lagu Untuk Peningkatan Spelling Learning Anak Usia Sekolah Dasar.

Milasari, A., Untari, M. F. A., & Kiswoyo, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Role Playing Menggunakan Media Kartu Suara Materi Pemilu dan Pilkada pada Siswa Kelas VI SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(1), 32-39.

Muhibbin, S. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press ,

Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Murywantobroto, M., Abdullah, G., Untari, M. F. A., & Turahmat, T. (2013, June). PENGEMBANGAN METODE SUGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SMA. In Seminar Hasil-Hasil Penelitian 2.

Nurliya Febrisma, Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (Volume 1 No. 2 Mei 2103) 111-112

Rahmi, M. A. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178-185.

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246-253.

Sophya, Ida Vera. 2013. Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu pada Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, Vol. 1, No.1: 1-21.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta .

Sukamerta, Made. 2011. Implementasi Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris Pada SD Di Kota Denpasar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bali: Unud

Sukmawati, Alfiah Kharisma. 2020. Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris menggunakan metode Modeling the Way pada kelas IV MI Ma’arif Polorejo Kabupaten Ponorogoâ€. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd.

Syuropati, Mohammad. 2009. Inspirasi Anak Anda dengan Permainan yang mencerdaskan. Yogyakarta: Azna Books.

Untari, M. F. A., & Subekti, E. E. (2013, December). Implementasi Metode Observasi Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Awal Mahasiswa PGSD. In SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN.

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles