ANALISIS PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI SDN 1 TLOGOTIRTO KABUPATEN GROBOGAN
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v5i2.1672Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan media apa yang digunakan saat pembelajaran kosa kata dan bagaimana praktik penggunaannya, Mendeskripsikan metode apa yang digunakan saat pembelajaran kosa kata dan bagaimana praktik penggunaannya, Mendeskripsikan apakah media dan metode yang digunakan berhasil membuat siswa paham kosa kata (nilai memenuhi KKM). Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Tlogotirto Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil penelitian Media yang digunakan saat pembelajaran menggunakan flash card dan menyanyikan lagu serta cara penggunaan yang dilakukan oleh guru. Metode yang digunakan saat pembelajaran yaitu Tanya jawab, membaca teks nyaring dan diskusi. Dengan menggunakan media dan metode yang digunakan guru mampu membuat siswa berhasil memahami pembelajaran bahasa inggris khususnya tentang kosa kata dengan nilai memenuhi KKM.
Kata Kunci: Pembelajaran Kosa Kata, Bahasa Inggris, Media dan Metode Pembelajaran
References
Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan model realistic mathematic education berbantu media manipulatif terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi pecahan. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 151-158.
Budiman,M. A., Widyaningrum, A., dkk (2019) Media Lagu Untuk Peningkatan Spelling Learning Anak Usia Sekolah Dasar.
Milasari, A., Untari, M. F. A., & Kiswoyo, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Role Playing Menggunakan Media Kartu Suara Materi Pemilu dan Pilkada pada Siswa Kelas VI SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(1), 32-39.
Muhibbin, S. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press ,
Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Murywantobroto, M., Abdullah, G., Untari, M. F. A., & Turahmat, T. (2013, June). PENGEMBANGAN METODE SUGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SMA. In Seminar Hasil-Hasil Penelitian 2.
Nurliya Febrisma, Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (Volume 1 No. 2 Mei 2103) 111-112
Rahmi, M. A. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178-185.
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246-253.
Sophya, Ida Vera. 2013. Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu pada Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, Vol. 1, No.1: 1-21.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta .
Sukamerta, Made. 2011. Implementasi Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris Pada SD Di Kota Denpasar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bali: Unud
Sukmawati, Alfiah Kharisma. 2020. Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris menggunakan metode Modeling the Way pada kelas IV MI Ma’arif Polorejo Kabupaten Ponorogoâ€. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd.
Syuropati, Mohammad. 2009. Inspirasi Anak Anda dengan Permainan yang mencerdaskan. Yogyakarta: Azna Books.
Untari, M. F. A., & Subekti, E. E. (2013, December). Implementasi Metode Observasi Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Awal Mahasiswa PGSD. In SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)