PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN BLOK PECAHAN TERDAHAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SD N GEGERKUNCI 01 BREBES
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.169Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktiftas siswa dan hasil belajar yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Numbered Head Together dengan blok pecahan terhadap hasil belajar matematika dan keaktifan siswa kelas IV SD N Gegerkunci 01 Brebes. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre Experimental research Design dengan bentuk Pretest Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SDN Gegerkunci 01 Brebes dan teknik pengambilan data yang dilakukan terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji normalitas, ketuntasan belajar, uji t. Analisis menggunakan uji t pada hasil belajar diperoleh sebesar 18,57 dan uji t pada keaktifan belajar diperoleh sebesar 18,17 lebih besar dari t tabel yaitu 2,07. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dengan Blok Pecahan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dan keaktifan belajar siswa kelas IV SD N Gegerkunci 01 Brebes.
References
Anwar, Hafid, dkk.2014. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan.Bandung:Alfabeta
Dimyati, Mujiono.2013.Belajar & Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta.
Faturrohman,Muhammad.2015.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Huda, Miftahul.2011.Cooperative Learning Metode,Teknik, Struktur dan Model Penerapan.Yogyakarta:PUSTAKA PELAJAR.
Jalinus, Nizwardi, Ambiyar. 2016. Media Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prana Media Grup.
Nurfathonah, Shanti dkk.2018. Pengaruh Model Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Pecahan.Pedadidaktita Online. Vol.5 No.2- tahun 2018 http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7357/7569 (Di akses pada tanggal 6 Oktober 2018)
Permana, Erwin, Putera.2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Online. Vol 1 No. 2- tahun 2016 http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/210/140 (Di akses pada tanggal 6 Oktober 2018)
Sagala, Saiful.2010. konsep dan makna pembelajara: untuk membantu memecahkan Problematika Belajar Mengajar.Bandung:Alfabeta.
Sinar.2018. Metode Active Learning-Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa.Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Rn D). Bandung:Alfabeta.
Susanto, Ahmad.2013.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:PRENADA MEDIA GRUP.
Sudjana, Nana dan Wari, Suwariyah.2010.Model-Model Mengajar CBSA. Bandung:Sinar Baru dan Algesindo.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)