PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN BLOK PECAHAN TERDAHAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SD N GEGERKUNCI 01 BREBES

Authors

  • Fajar Cahyadi Universitas PGRI Semarang
  • nuroh difallah Universitas PGRI Semarang
  • M Yusuf Setia Wardana

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v2i1.169

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktiftas siswa dan hasil belajar yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Numbered Head Together dengan blok pecahan terhadap hasil belajar matematika dan keaktifan siswa kelas IV SD N Gegerkunci 01 Brebes. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre Experimental research Design  dengan bentuk  Pretest Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SDN Gegerkunci 01 Brebes dan teknik pengambilan data yang dilakukan terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji normalitas, ketuntasan belajar, uji t. Analisis menggunakan uji t pada hasil belajar diperoleh sebesar 18,57 dan uji t pada keaktifan belajar diperoleh sebesar 18,17 lebih besar dari t tabel yaitu 2,07. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dengan Blok Pecahan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dan keaktifan belajar siswa kelas IV SD N Gegerkunci 01 Brebes.

References

Anwar, Hafid, dkk.2014. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan.Bandung:Alfabeta

Dimyati, Mujiono.2013.Belajar & Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta.

Faturrohman,Muhammad.2015.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Huda, Miftahul.2011.Cooperative Learning Metode,Teknik, Struktur dan Model Penerapan.Yogyakarta:PUSTAKA PELAJAR.

Jalinus, Nizwardi, Ambiyar. 2016. Media Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prana Media Grup.

Nurfathonah, Shanti dkk.2018. Pengaruh Model Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Pecahan.Pedadidaktita Online. Vol.5 No.2- tahun 2018 http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7357/7569 (Di akses pada tanggal 6 Oktober 2018)

Permana, Erwin, Putera.2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Online. Vol 1 No. 2- tahun 2016 http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/210/140 (Di akses pada tanggal 6 Oktober 2018)

Sagala, Saiful.2010. konsep dan makna pembelajara: untuk membantu memecahkan Problematika Belajar Mengajar.Bandung:Alfabeta.

Sinar.2018. Metode Active Learning-Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Rn D). Bandung:Alfabeta.

Susanto, Ahmad.2013.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:PRENADA MEDIA GRUP.

Sudjana, Nana dan Wari, Suwariyah.2010.Model-Model Mengajar CBSA. Bandung:Sinar Baru dan Algesindo.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2019-12-12

Issue

Section

Articles