PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN POWTOON TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Kartika Yuni Purwanti Universitas Ngudi Waluyo
  • Ela Suryani Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantu powtoon terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian dan lembar skala sikap motivasi siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji gain score, uji t dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan  kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantu powtoon dengan yang tidak, (2) tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantu powtoon dengan yang tidak (thitung (-2,028) < ttabel (-1,686)), (3) Peningkatan motivasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (91,95 > 91,7), dan (4) Hasil uji regresi menunjukkan powtoon mempengaruhi motivasi siswa {motivasi: 0,793 (sangat kuat), kemampuan berpikir kritis 0,537 (sedang)}. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantu powtoon mempengaruhi motivasi siswa.

Author Biographies

Kartika Yuni Purwanti, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ela Suryani, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Balım, A.G. 2009. “The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skillsâ€. Journal of Educational Research, 3 (5): 1-20.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hassoubah, Z.I. 2004. Developing Creative Thinking Skills. Bandung: Nuansa.

Illahi, M.T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Ismaimuza, D. 2011. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 11-20.

Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Mahmoud, A, K, A. 2014. “The Effect of Using Discovery Learning Strategy in Teaching Grammatical Rules to first year General Secondary Student on Developing Their Achievement and Metacognitive Skillsâ€. International Journal of Innovation and Scientific Research, 5 (2) : 146-153.

Na’im, M Afifun. 2015. Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Scientific pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. (Thesis). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahmatika, Eviana. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu CD Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Siswa. Journal of Primary Education. 5 (2): 97-103.

Santrock, J.W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Semiawan, Conny R. 2010. Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa dan Bagaimana. Jakarta: Indeks

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiadyana I W., Sadia I W., & Suastra I W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. (Thesis). Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Published

2018-07-30

How to Cite

Purwanti, K. Y., & Suryani, E. (2018). PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN POWTOON TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. JANACITTA, 1(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.17

Issue

Section

Articles