PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN POWTOON TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.17Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantu powtoon terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian dan lembar skala sikap motivasi siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji gain score, uji t dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantu powtoon dengan yang tidak, (2) tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantu powtoon dengan yang tidak (thitung (-2,028) < ttabel (-1,686)), (3) Peningkatan motivasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (91,95 > 91,7), dan (4) Hasil uji regresi menunjukkan powtoon mempengaruhi motivasi siswa {motivasi: 0,793 (sangat kuat), kemampuan berpikir kritis 0,537 (sedang)}. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantu powtoon mempengaruhi motivasi siswa.
References
Balım, A.G. 2009. “The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skillsâ€. Journal of Educational Research, 3 (5): 1-20.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hassoubah, Z.I. 2004. Developing Creative Thinking Skills. Bandung: Nuansa.
Illahi, M.T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.
Ismaimuza, D. 2011. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 11-20.
Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Mahmoud, A, K, A. 2014. “The Effect of Using Discovery Learning Strategy in Teaching Grammatical Rules to first year General Secondary Student on Developing Their Achievement and Metacognitive Skillsâ€. International Journal of Innovation and Scientific Research, 5 (2) : 146-153.
Na’im, M Afifun. 2015. Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Scientific pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. (Thesis). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rahmatika, Eviana. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu CD Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Siswa. Journal of Primary Education. 5 (2): 97-103.
Santrock, J.W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Semiawan, Conny R. 2010. Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa dan Bagaimana. Jakarta: Indeks
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiadyana I W., Sadia I W., & Suastra I W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. (Thesis). Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)