ANALISIS KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN KREATIVITAS SAINS TERHADAP SIKAP SKEPTIS DAN PERCAYA DIRI
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.18Abstract
Penelitian  ini  termasuk penelitian lanjutan yang bertujuan  untuk  mengetahui tingkat kemampuan menganalisa, kreativitas, sikap skeptis, dan percaya diri sekaligus pengaruh masing-masing variabel satu sama lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif kausal. Metode penelitian yang akan digunakan adalah survei dengan teknik  analisis jalur  (path analysis). Penelitian ini terdiri dari empat variabel yaitu kemampuan menganalisa, kreativitas sains, sikap skeptis, dan percaya diri. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Ngudi Waluyo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dalam waktu 5 bulan. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  mahasiswa baru Universitas  Ngudi Waluyo. Pengambilan sampel sebanyak 36 mahasiswa dari jurusan PGSD dan TI dilakukan menggunakan random sampling. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menganalisa tidak memberikan pengaruh terhadap kreativitas sains maupun sikap skeptis dan percaya diri. Demikian pula kreativitas sains tidak memberikan pengaruh terhadap sikap skeptis dan percaya diri. Kemampuan menganalisa mahasiswa berada pada tingkatan kurang, sedangkan kreativitas sains masing-masing 50% mahasiswa berada pada tingkatan cukup dan kurang. Sikap percaya diri dipengaruhi oleh sikap skeptis sebanyak 25%. Sikap skeptis mahasiswa mayoritas berada pada tingkatan baik, sedangkan sikap percaya diri mahasiswa didominasi pada tingkatan cukup. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor di luar kemampuan menganalisa dan kreativitas.
References
Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Ercan, O. 2014. The Effects of Multimedia Learning Material on Student
Fitriawan, D., Eka K. G., & Ivan E. D. 2016. Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 3 (1): 1-11
Hanifah, D. P., Putut M., & Sugiyanto. 2016. Analisis Kemampuan Kognitif, Kreativitas, dan Pemecahan Masalah terhadap Sikap Ilmiah Siswa SD Kecamatan Temanggung. Journal of Primary Education: 10-20
Harlen, W. 1985. Teaching and Learning Primary Science. London: Harper and.Row Ltd. Henson, K. T., & Janke D. 1984. Elementary Science Methods. New York: Mc.
Graw Hill Book Company Hu, W., & Adey P. 2002. "A Scientific Creativity Test for Secondary School Student". International Journal of Science Education. 24 (4): 389-403
Sandjojo, N. 2014. Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jakarta
Santrock, J. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Terjemahan Tri.
Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Semiawan, C. R. 2010. Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana?. Jakarta: PT Indeks.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011a. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011b. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono & Joko S. 2016. Keaktifan Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa pada Perkuliahan Kajian Matematika Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY : 517-522.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syah, M. 2009. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali.
Press United States Agency for International Development USAID. 2014. Buku Sumber untuk Dosen LPTK Pembelajaran IPA SMP di LPTK. Dalam: www.prioritaspendidikan.org.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)