BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v5i2.1869Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan dan peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kemampuan berhitung melalui bimbingan belajar menggunakan metode jarimatika. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pra-experiments desain the one group pretest-posstest ini dilaksanakan pada siswa kelas III di Bimbel dan Pivat Yudistira Desa Ngurenrejo Pati dengan populasi penelitian siswa yang belajar di Bimbel Yudistira dan sampel penelitian siswa kelas III. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signigikan antara nilai pretest dan posttest pada kemampuan berhitung siswa yang ditunjukkan menggunakan uji paired sampel t-test diketahui sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat peningkatan kemampuan berhitung siswa setelah penerapan metode jarimatika yang ditunjukkan menggunakan uji n-gain deketahui nilai n-gain score yaitu 0,7480 dengan kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas III.References
Ariyanti, Zidni. I. M. 2015. Efektifitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas 2 di SDN Bulutirto Temanggung. Jurnal Psikologi, 10 (1), 58-69.
Atiaturrahmaniah. 2011. Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dalam Pembelajaran Matematika pada siswa SDN 2 Pancor. Jurnal Educatio, 6 (2), 81-102.
Ermawati, D., & Riswari, L., A. 2020. Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 1-9.
Hardiyanti, S., Maulana, M., & Julia, J. 2017. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Jarimatika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Berhitung Siswa pada Materi Perklian. Jurnal UPI, 881-890.
Saman, Abdul dan Arifin, Agustan. 2018. Bimbingan & Konseling Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Sari, M.N., Erlindra, Y., Hapidin. 2020. Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 831-839.
Sitio, T. 2017. Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6 (1), 146-156.
Sumirat, I. 2016. Pengaruh Praktik Jarimatika terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Kreatif, 63-72.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syaharuddin. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal of Character Education Society, 1 (1), 30-33.
Wulandani, Septi Peni. 2008. Jarimatika Penambahan dan Pengurangan. Jakarta: PT Kawan Pustaka.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)