Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Lailia Novitasari Satya Wacana Christian University
  • Nyoto Harjono Satya Wacana Christian University

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.187

Abstract

The purpose of this research is to re-analyze the effect of Example Non Example model increasing the learning outcome in science subject. The reaseach method was meta-analysis.  In the first steps of the research is formulating research problem continued to colleting data on the test wich has been traced through the Google Scholar and repository of electronic journal. From the research,  getting5 articels from jurnals, 5  minithesis from relevan repository. The data were analyzed using qualitative descrpitive analysis. From the analysis result showed that Example Non Example learning model could improve student’s learning outcomes from the lowest percentage scor 12,08% to the highest 94,94% and the mean was 32,98%.

References

Aji, Ginanjar W & Ryky Mandar S. 2018. Jurnal Malih Peddas, Vol. 8, No. 1. 88-97.

Anwar, Ruswana. 2015. Meta-Analisis. Bandung. 2.

Fauziyah, Alfi Nur. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples (ENE) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 4 SD Negeri Ledok 07 Kecamatan Argomulyo Kota salatiga Semester 2 Tahun 2015/2016. Skripsi di publikasikan. [Online]. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Hadi, Muhammad. 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Examples Non Examples Berbantu Media Audio Visual Mata Pelajaran IPA Kelas 4 SDN Rnoggo 01 Kecamatan Jaken Kabupaten Pati Semester 1 Tahun 2016/2017. Skripsi di publikasikan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Skripsi di publikasikan. [Online]. Salatigia: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kurniasih, I & Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesioalisme Guru. Yogyakarta: Kata Pena. 32.

Lestari, Ina & Indri A. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Example Non Example Terhadap Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Refleksi Edukatika, Vol. 7, No. 2. 124-126.

Ningrum, Pawestri K. 2016. Penerapan Pembelajaran Model Examples Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SDN Katekan 02 Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi di publikasikan. [Online]. Salatiga: Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Pranoto, Hadi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI B Semester 1 SD Negeri Turitempel Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Malih Peddas. Vol. 7, No. 1, 42-51.

Prasetyo, Muji Triagung. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Skripsi di publikasikan. [Online]. Tulungagung: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah.

Sari, Yunita M. 2015. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Example Non Examples Siswa Kelas 5 SDN 2 Wates Kecamatan Kedung Jati Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi di publikasikan. [Online]. Salatiga: Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sidebang, Restio. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA kelas IV SD Dengan Model Example Non Example. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan. Vol. 3, No. 1 97-105.

Slavin & Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Eni, dkk. 2018. Pengaruh Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam di SD. Jurnal Pedadidaktika. Vol. 5, No.1. 100-108.

Published

2019-12-12

How to Cite

Novitasari, L., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA. JANACITTA, 2(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.187

Issue

Section

Articles