PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN FLASH CARD TERHAADAP PEMAHAMAN KONSEP RANTAI MAKANAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 SUKOREJO

Authors

  • Ayu Lestari Universitas Ngudi Waluyo
  • Ela Suryani

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v5i2.1873

Abstract

Abstract

 


ABSTRAK

This study aims to determine the effect of the flash card assisted picture and1 picture learning model on the understanding of the concept of the student food chain. The design of this study isquasiexperimental, non-equivalent control group design. Samples were taken by purposive sampling and obtained class 5A as an experimental class and class 5B as a control class at SDN 2 Sukorejo. Data collection techniques used in this research are observation, interview, and documentation. Data analysis techniques in this study are normality test, homogeneity test. Independent sampet-test and simple linear regeression test. The results showed : 1) there are differences in the learning model of picture and picture assisted flash card to the understanding of the concept of the food chain of students with a significant value of 0.016<0.05 and 0.015<0.05; 2) there is an effect of using the learning model of picture and picture assisted flash card to the understanding of the concept of the food chain of students with a significance level of 0.006 < 0.05. So it can be concluded that the learning model of picture and picture assisted flash card affects the understanding of the concept of the food chain.

Keywords : flash card, concept understanding, picture and picture.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan flash card terhadap pemahaman konsep rantai makanan siswa. Desain penelitian ini adalah quasi exsperimen, non-equivalent control group design. Sampel diambil secara purposive sampling dan didapatkan kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan kelas 5B sebagai kelas kontrol di SDN 2 Sukorejo. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas. Uji independent sampet-tes dan uji regeresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan : 1) terdapat perbedaan model pembelajaran picture and picture berbantuan flash card terhadap pemahaman konsep rantai makanan siswa dengan nilai signifikan 0.016<0,05 dan 0,015<0,05; 2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture berbantuan flash card terhadap pemahaman konsep rantai makanan siswa dengan taraf signifikansi 0,006 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berbantuan flash card berpengaruh terhadap pemahaman konsep rantai makanan.

Kata kunci : flash card, pemahaman konsep, picture and picture

 

 

          

References

Anderson, L. W., & Krathwol, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Pustaka Belajar

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Aseptianova, A., Nawawi, S., & Pesisa, L. (2019). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 59-65.

Astuti, D. A. P., Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran ProblemBased Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Sekolah, 2(2), 102-109.

Atika Oktaviani Palupi. (2013). PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 SLAWI KABUPATEN TEGAL.

Bunga Adella Fazar Safitri1 , Ela Suryani. (2021). ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA.Journal of Primary and Children’s Education Volume 4 Nomor 2 September 2021 e-ISSN: 2615-6598

Gurnito. (2016).â€Peningkatan Kualitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learningâ€. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Huda Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2011. 58 Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru dalam menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Iswari, N. H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Picture and Picture Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Gunung Sari Tahun 2017/2018. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(1), 51-60.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). BAHAN AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS. Bandung: LEKKAS.

Henni Fitriani, Riska Imanda, Ayu Rahmi & Siti Nurmalinda. (2021). “The Development of Flashcard Learning Media Based on Make a Match on Colloidâ€. International Journal for Educational and Vocational Studies, Vol. 3, No. 5 (2021): 373-379

Hidayatul Iswari, Nurul. (2018). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaram Kooperative Tipe Picture and Picture Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN GUGUS III Kecamatam Gunung Sari Tahun 2017/2018â€. S1 thesis, Universitas Mataram.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kurniasih dan Berlin. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru: Kata Pena.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra D R, Rosmaini & Arnentis. 2012. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Aktif Siswa dalam Pembelajaran Biologi Kelas X 3 SMA N 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012â€. Jurnal Guru. Riau : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau.

Putri, p. m. (2012). “Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probingâ€. Jurnal:pendidikan matematika, 1(1) : 3–6.

Putu Ari Susanti, Ni Nyoman Kusmariyani. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (2) pp. 99-106.

RIANI, Yustika Wahyu et al. A linguistic landscapes study in Indonesian sub-urban high school signages: an exploration of patterns and associations. Journal of Applied Studies in Language, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 134-146, june 2021. ISSN 2615-4706.

Sayyida Hanim Ahida Suci et al. (2018). Learning from Picture and Picture Action Research: Enhancement of Counting Ability on Division of Numbers for Primary School Students. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1114 (2018) 012044.

Shohimin, A. (2016) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Cetakan II,2016. Yogyakarta:

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sukestiyarno. 2016. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Suprijono, A. 2011.Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Undang-Undang Republik Indonesia.2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional : Depdiknas

Suprijono, Agus. 2012. Metode Dan ModelModel Mengajar, Bandung, Alfabeta

Suryani, E. Rusilowati, A. & Wardono. 2016. “Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test melalui Pembelajaran Konflik Kognitifâ€. Journal of Primary Education. 5(1):56-65.

Suryani, E. (2018). Profil Kesalahan Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Suryani, E. 2019. “Analisis Pemahaman Konsep. CV. Pilar Nusantara

Susanto, S., dkk (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Education Game pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Cahaya Untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1).

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: fajar Interpratama Mandiri.

Umar, E. ((2019). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SD Negeri 37 Mandau. Jurnal Pajar, 3(5), 1035-1.

Vivi Lusidawaty,Yanti Fitria, Yalvema Miaz, Ahmad Zikri. (2020). PEMBELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 1 Tahun 2020 Halaman 168-174.

Winarsunu, T. (2012). Statistik dalam Penelitian Psikologi & Pendidikan. Malang: UMM Press.

Published

2022-09-26

Issue

Section

Articles