Penggunaan Model Pembelajaraan Bamboo Dancing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD

Authors

  • Riani Ayu Utami
  • Nyoto Harjono

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.188

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of learning model bamboo dancing or dance bamboo on the result of study social science  student of class V elementary school. This study uses the method of meta-analysis. After doing the calculation, the results of the study showed an increase learning outcomes social science student of class V by using the learning model bamboo dancing or dance bamboo ranging from a low of 19,53% to a high of 113% with an average 54,54%. It can be concluded that learning model bamboo dancing or dance bamboo can improve learning outcomes social science student of class V elementary school.

References

Ardianti ,dkk.(2014).Pengaruh Penggunaan Tipe Bamboo Dancing Dengan Hasil Pembelajaran IPS Di Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 8 2014. Diunduh 26 Maret 2018.

Candani, Dea Wahyu (2015).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas V Pada SDN-5 Pahandut Palangkaraya.Skripsi di publikasikan.[online].Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Dewi,Candra. “Implementasi Metode Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasarâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal Vol.1 No.1 2016

Hanafiah,N. 2009. Strategi Pembelajaran.Bandung: PT Feika Aditama.

Hifdziyah, Nelly Ahviena.(2015).Penerapan Metode Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ips Materi Pokok Tokoh-Tokoh Penting Dalam Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Di Mi Ta’mirul Wathon 01 Sikancil Larangan Brebes. Skripsi di publikasikan [online]. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Nurjanah,Siti.(2017).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Metro Barat. Skripsi di publikasikan [online]. Bandar Lampung: Fakultas Kegurun danIlmu Pendidikan Universitas Lampung.

Nurazizah.(2016).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Skripsi di Publikasikan. [online] Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pebrianita, dkk. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar IPS di SD. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/24836/75676576263

Sitindaon, Rommanna. 2017.Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya.2017.

Sutarna, Nana, Dian Kusdiana.(2017).Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing (Tari Bambu) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN 1 Cipedes. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol.II No.2 2017.

Udin S.Winataputra, dkk (2007). Teori Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka.

Zuraida. 2015.Pembelajaran Bamboo Dancing Salah Satu Model Cooverative Learning Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.XV No.1 April 2015. Di unduh 26 Maret 2019.

Published

2019-12-12

How to Cite

Utami, R. A., & Harjono, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaraan Bamboo Dancing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD. JANACITTA, 2(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.188

Issue

Section

Articles