PENGEMBANGAN PERMAINAN LEGO SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.189Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan lego materi penjumlahan dan pengurangan di kelas II Sekolah Dasar, agar mengetahui konsep matematika. Metode yang digunakan adalah Research and Development. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan lego materi penjumlahan dan pengurangan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas II Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi, dan hasil analisis angket respon siswa.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara (Edisi Kedua)
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembeajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Dahar, Ratna. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Erlangga
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yiama Widya
Handayani, Sri dkk. 2015.Pemanfaatan Lego Pada Pembelajaran Pola Bilangan. Jurnal penelitian Program Studi Magister Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1
Hasnawati, dkk. 2016. Implementasi Permainan Bongkar Pasang Dalam Melejitkan. Jurnal penelitian Prodi PG-PAUD FKIP Vol. 1 No. 1
Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
Kustandi, Cecep dan Bambang Sujtipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Graha Indonesia
Putra, Nusa. 2013. Research and Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada (edisi keempat)
Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana (edisi kedua)
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Aneka Cipta
Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Alfabeta
Toyib, Muhamad dkk. 2016. Pelatihan Penggunaan Permainan Lego dalam Pembelajaran Pecahan. Jurnal Penelitian FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)