PENGEMBANGAN PERMAINAN LEGO SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Novita Devi Amalia
  • iin purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Ari Widyaningrum Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan lego materi penjumlahan dan pengurangan di kelas II Sekolah Dasar, agar mengetahui konsep matematika. Metode yang digunakan adalah Research and Development. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan lego materi penjumlahan dan pengurangan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas II Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi, dan hasil analisis angket respon siswa.

Author Biography

Novita Devi Amalia

Universitas PGRI Semarang

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara (Edisi Kedua)

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembeajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dahar, Ratna. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Erlangga

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yiama Widya

Handayani, Sri dkk. 2015.Pemanfaatan Lego Pada Pembelajaran Pola Bilangan. Jurnal penelitian Program Studi Magister Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1

Hasnawati, dkk. 2016. Implementasi Permainan Bongkar Pasang Dalam Melejitkan. Jurnal penelitian Prodi PG-PAUD FKIP Vol. 1 No. 1

Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Kustandi, Cecep dan Bambang Sujtipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Graha Indonesia

Putra, Nusa. 2013. Research and Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada (edisi keempat)

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana (edisi kedua)

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Aneka Cipta

Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Alfabeta

Toyib, Muhamad dkk. 2016. Pelatihan Penggunaan Permainan Lego dalam Pembelajaran Pecahan. Jurnal Penelitian FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Published

2019-12-12

How to Cite

Amalia, N. D., purnamasari, iin, & Widyaningrum, A. (2019). PENGEMBANGAN PERMAINAN LEGO SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. JANACITTA, 2(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.189

Issue

Section

Articles