MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SD NEGERI WIROSABAN
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v5i2.1894Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan model discovery learning pada kelas IV SD Negeri Wirosaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wirosaban. Objek penelitian yaitu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran discovey learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I 69.52 dan meningkat pada siklus II 81.38 (2) model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari kondisi awal 65.26 meningkat pada siklus 1 mengalami peningkatan mencapai 57.89% dengan nilai rata-rata 70.79% dan terus mengalami peningkatan pada siklus II dimana presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 89.47% dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 82.83%.
References
Dewa G L I. (2022). Optimalisasi Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SD Negeri 37 Cangkrangan Pasca Pandemi Covid-19. Junal Pedagogy. e-ISSN 2722-287
Fahrozi, Irgi Ahmad dkk ( 2020). Peran Media Utama Citaku Terhadap Kertampilan Berfikir Peserta Didik Kelas IV. Journal of Primary and Children’s Education 3 (2) September 2020
Farida, Y.O.(2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery di Kelas 4. Inovasi Pembelajaran SD, 8(7), 30-45
Kristin, Firosalia. (2016) Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Volume 2, Nomor 1 April 2016
Gaol, B.K.L., Silaban, P.J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), 767-782
Maeti Janista Windi, & Hadiyanti Agnes Helina D. (2021) Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia. E-ISSN 2655-0857
Sabatini, G., Mahulae, S., Anzelina, D., & Silaban, P.J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(1), 47-59
Safitri Alvira O, Handayani Puji A, Yunianti Dwi Vioreza & Prihantini. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai ISSN 2614-3097
Purwanti, K Y., Suryani E (2018). Pengaruh Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific berbantuan Powtoon terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education
Yuliana, N (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 95-120.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)