MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SD NEGERI WIROSABAN

Authors

  • Yulia Hastuti Putri Hapsari

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v5i2.1894

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan model discovery learning pada kelas IV SD Negeri Wirosaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wirosaban. Objek penelitian yaitu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran discovey learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I 69.52 dan meningkat pada siklus II 81.38 (2) model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari kondisi awal 65.26 meningkat pada siklus 1 mengalami peningkatan mencapai 57.89% dengan nilai rata-rata 70.79% dan terus mengalami peningkatan pada siklus II dimana presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 89.47% dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 82.83%.

References

Dewa G L I. (2022). Optimalisasi Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SD Negeri 37 Cangkrangan Pasca Pandemi Covid-19. Junal Pedagogy. e-ISSN 2722-287

Fahrozi, Irgi Ahmad dkk ( 2020). Peran Media Utama Citaku Terhadap Kertampilan Berfikir Peserta Didik Kelas IV. Journal of Primary and Children’s Education 3 (2) September 2020

Farida, Y.O.(2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery di Kelas 4. Inovasi Pembelajaran SD, 8(7), 30-45

Kristin, Firosalia. (2016) Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Volume 2, Nomor 1 April 2016

Gaol, B.K.L., Silaban, P.J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), 767-782

Maeti Janista Windi, & Hadiyanti Agnes Helina D. (2021) Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia. E-ISSN 2655-0857

Sabatini, G., Mahulae, S., Anzelina, D., & Silaban, P.J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(1), 47-59

Safitri Alvira O, Handayani Puji A, Yunianti Dwi Vioreza & Prihantini. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai ISSN 2614-3097

Purwanti, K Y., Suryani E (2018). Pengaruh Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific berbantuan Powtoon terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education

Yuliana, N (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 95-120.

Published

2022-09-26

How to Cite

Putri Hapsari, Y. H. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SD NEGERI WIROSABAN. JANACITTA, 5(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v5i2.1894

Issue

Section

Articles