LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.222Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik terhadap efikasi diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode penelitian True Experimental Design dengan model Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Desain Grafis SMK N 11 Semarang dengan jumlah 180 siswa. Kelas XI DG 1 dan kelas XI DG 5 adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout sebanyak 30 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 16 siswa kelas XI DG 4 yang diambil dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala efikasi diri. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan ada peningkatan efikasi diri pada kelompok eksperimen sebesar 9,75 point. Hasil analisis data uji hipotesis diperoleh thitung = 2,232. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu 2,145. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung = 2,232 > ttabel = 2,145. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik terhadap efikasi diri siswa kelas XI jurusan Desain Grafis SMK N 11 Semarang†diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik terhadap efikasi diri siswa.
Â
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling Simbolik, Efikasi Diri
References
Abimanyu, Soli dan M. Thayeb Manrihu. 2009. Teknik dan Laboratorium Konseling. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.
Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Jakarta: UMM Press.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggara, Ferry, dkk. 2016. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Modeling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Menghadapi Ujianâ€. Jurnal Konselor, Volume 5, Nomor 1. Hal 42-50.
Elford, Bradley T. 2015. 40 Teknik Yang Harus Diketahui setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Feist, Jess dan Gregory J. Feist. 2010. Teori Kepribadian Theories of Personality. Jakarta: Salemba Humanika.
Hartinah, Sitti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayat, Dede Rahmat. 2011. Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Jones, Richard Nelson. 2011. Teori Dan Praktik Konseling Dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komalasari, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Mahmudi, Hadi dan Suroso. 2014. “Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajarâ€. Jurnal Psikologi Indonesia, Volume 3, Nomor 2. Hal 183-194.
Mashuda. 2018. Upaya Meningkatkan Self Efficacy Rendah Terhadap Pemilihan Karir Dengan Konseling Behaviour Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas X.5 Di SMAN 1 Pasaman†Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume. 3, Nomor 1, Hal 201-212.
Marini, Chomzana Kinta dan Siti Hamidah. 2014. “Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Bogaâ€. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 4, Nomor 2. Hal 195-207.
Novariandhini, Dinda Ayu dan Melly Latifah. 2012. “Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Akademik Siswa SMA Pada Berbagai Model Pembelajaranâ€. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Volume. 5, Nomor. 2. Hal 138-146.
Nurlaila, Siti. 2011. “Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa-Siswi Yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Nasionalâ€. Jurnal GUIDENA, Volume 1, Nomor 1. Hal 1-21.
Nursito, Sarwono dan Arif Julianto Sri Nugroho. 2013. “Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaanâ€. Jurnal Kiat Bisnis, Volume 5, Nomor 3. Hal 201-211.
Prayitno, dan Erman Amti. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.
Putra, Sofwan Adi, dkk. 2013. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, Volume 2, Nomor 2. Hal 1-6.
Ratna, Lilis. 2013. Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, Anton dan Venty. 2015. Statistik Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Sukarno, Anton. 2008. Statistik Lanjut. Surakarta. UNS Press.
Suseno, Miftahun Ni’mah. 2009. “Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi Diri Sebagai Pelatih pada Mahasiswaâ€. Jurnal Intervensi Psikologi, Volume 1, Nomor 1. Hal 93-106.
Tohirin. 2015. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Yusuf, Syamsu dan A. Juntika Nurihsan. 2011. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)